Sukses

Health

Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Ampuh dan Bikin Percaya Diri Meningkat

Fimela.com, Jakarta Masalah aroma tak sedap dari ketiak bisa meruntuhkan kepercayaan diri seseorang. Namun, saat parfum disemprotkan pada ketiak yang beraroma kurang sedap, hal itu justru dapat memperburuk bau yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk menyelesaikan akar masalahnya, salah satunya dengan meningkatkan tingkat kebersihan diri.

Perlu juga diketahui bahwa bau tersebut tidak berasal dari keringat, tetapi dari aktivitas bakteri. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak yang tinggi pada kelenjar keringat apokrin, yang kemudian mudah diurai oleh bakteri penyebab bau badan.

Dibawah ini, tersaji 5 langkah mudah yang efektif dan ampuh dalam mengatasi permasalahan aroma ketiak, dikompilasi pada hari Rabu (3/4/2024).

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Tidak hanya mikroorganisme, aroma yang berasal dari ketiak juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang dapat memicu aroma yang tidak diinginkan pada ketiak dan sebaiknya dihindari atau dikurangi konsumsinya termasuk makanan dan minuman dengan aroma yang kuat, seperti bawang, minuman berkafein, minuman beralkohol, dan sebagainya.

2. Rajin Mencukur Rambut Ketiak

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, penghilangan rambut di ketiak dapat mencegah aroma tubuh yang tidak diinginkan. Mengapa demikian? Rambut yang tumbuh lebat di daerah ketiak berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, terutama pada saat ketiak dalam keadaan lembap.

Selain metode mencabut bulu ketiak dengan pinset, terdapat cara yang lebih cepat yaitu menggunakan metode waxing. Baik mencabut bulu atau melakukan waxing di daerah ketiak juga dapat menghambat pertumbuhan rambut yang keras.

3. Gunakan Deodoran

Mengantisipasi bau ketiak bisa dilakukan dengan mengaplikasikan deodoran sebelum melakukan aktivitas. Penggunaan deodoran dengan aroma yang kuat dapat mengubah tingkat keasaman kulit ketiak, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri dengan efektif.

4. Gunakan Tawas untuk Menghilangkan Bau Badan

Sejak zaman dahulu, tawas telah dikenal sebagai salah satu bahan yang efektif untuk mengatasi aroma tidak sedap di ketiak. Seperti yang dilaporkan dalam Journal of Clinical and Health Science, tawas dapat berperan sebagai pengganti alami deodoran dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri.

Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah mandi, keringkan ketiak dengan handuk.
  2. Basahi batu tawas menggunakan air.
  3. Gosokkan batu tawas ke area ketiak dengan gerakan dari atas ke bawah serta berputar.
  4. Biarkan mengering dan kemudian Anda dapat mengenakan pakaian.

5. Jaga Kebersihan Badan

Untuk mencegah aroma tak sedap pada ketiak terjadi berulang kali, penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Mandi sebelum dan setelah melakukan aktivitas (terutama setelah beraktivitas).
  2. Menggunakan sabun antiseptik untuk membunuh bakteri.
  3. Mengeringkan tubuh dengan handuk sebelum mengenakan pakaian.

Apakah Air Garam Bisa Menghilangkan Bau Ketiak?

Anda dapat menggunakan air garam ketika mandi sebagai cara untuk menjaga agar keringat dan bau tubuh tetap terkendali.

Apakah Jeruk Nipis Bisa Mengurangi Bau Ketiak?

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk Bali, dan jeruk nipis bisa memberikan sensasi kesegaran pada tubuh dan mengurangi bau tidak sedap pada badan. Ahli gizi Avni Kaul, yang dikutip dari Healthshots, mengungkapkan bahwa buah-buahan sitrus memiliki kemampuan untuk mengurangi penumpukan racun dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab aroma yang kurang sedap.

Kenapa Bau Ketiak Menempel di Baju?

Aroma tubuh yang kurang sedap disebabkan oleh keberadaan keringat yang mengandung asam laktat, menempel pada serat pakaian.

Apakah Bedak MBK Bisa Menghilangkan Bau Ketiak?

Formula bedak mbk ketiak adalah solusi efektif untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap, sehingga tidak perlu lagi merasa cemas tentang kesegaran aroma tubuh Anda.

Daun Apa yang Bisa Menghilangkan Bau Ketiak?

Nutrisi yang terkandung dalam daun kemangi meliputi Kalsium, Vitamin A, Besi, Zinc, serta unsur-unsur lainnya. Di samping itu, kemangi juga mengandung senyawa anti bakteri dan antiseptik. Berkat komposisi tersebut, daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk mengurangi aroma tidak sedap pada tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading