Sukses

Health

Dari Yoga hingga Plank, Intip Olahraga yang Dapat Dilakukan dengan Mudah tanpa Membutuhkan Alat

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang mewajibkan seluruh umat Islam untuk berpuasa. Namun, tidak jarang ditemui orang-orang yang menjadikan bulan puasa menjadi alasan untuk tidak berolahraga, padahal olahraga tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika selama bulan Ramadan seseorang tidak berolahraga, tubuh akan menjadi kaku dan tidak membakar lemak dengan baik.

Olahraga merupakan hal yang penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas fisik diperlukan untuk membantu tubuh membakar lemak dan kalori yang datang dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Berbagai pilihan olahraga dapat dilakukan sesuai dengan tujuan dan kemampuan. Kemudahan akses suatu jenis olahraga dapat menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih olahraga tersebut. Dilansir dari pharmeasy.in, berikut adalah 6 olahraga paling efektif untuk membakar lemak tanpa alat.

Olahraga tanpa alat paling efektif untuk membakar lemak

Aerobik

Berjalan kaki adalah salah saut olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki dengan cepat adalah salah satu aktivitas yang dapat membakar kalori dengan baik. Berdasarkan beberapa penelitian, seseorang dengan berat badan 70 kg dapat membakar kurang lebih 167 kalori per 30 menit dengan kecepatan berjalan pada 6.4 kph. 

Selain jalan cepat, jogging dan lari juga merupakan olahraga yang dapat mengurangi berat badan. Kedua olahraga tersebut akan menguatkan kaki dan sangat efektif dalam menguranggi lemak pada perut. Jalan cepat, jogging, dan lari tidak membutuhkan alat selain sepatu lari dan badan yang mampu. Kemudahan yang ditawarkan dengan manfaat yang diberikan menjadikan ketiga olahraga aerobik ini menjadi pilihan yang baik.

Skipping

Skipping dapat membantu menguatkan kekuatan otot, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membakar banyak kalori dalam waktu yang singkat. Skipping dapat membantu membuat tubuh menjadi rileks dan dapat mengurangi depresi dan rasa takut berlebih. Skipping hanya membutuhkan satu alat, yaitu tali skipping. 

Plank

Plank adalah salah satu bentuk full-body workout yang paling efektif. Plank menargetkan otot-otot utama pada tubuh. Olahraga ini berfungsi untuk menguatkan otot-otot tubuh dan membakar lemak dan kalori yang ada di tubuh. Terlihat mudah, tetapi sebenarnya plank membutuhkan kekuatan yang kebih karena sangat melelahkan dan membutuhkan kekuatan yang besar.

Push-up

Push-up adalah jenis olahraga yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Push-up sangat membantu dalam mengurangi berat badan dan membakar kalori dengan maksimal. Push-up berfokus pada dada, bahu, punggung, otot bisep, dan otot trisep. Dengan melakukan olahraga ini, Sahabat Fimela akan meningkatkan massa otot dengan maksimal.

Squat 

Olahraga squat dikenal dengan olahraga yang dapat menguatkan otot bagian bawah tubuh. Squat dapat membantu membakar kalori dan mencegah lemak untuk berkumpul di tubuh bagian bawah. Olahraga ini tidak mudah, maka itu pemula dapat memulai dengan jumlah yang ringan. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, silakan lakukan 3 set squat dengan 12—15 reps di dalamnya.

Yoga 

Yoga adalah olahraga yang tidak hanya menguatkan otot tubuh, tetapi juga memberikan kedamaian bagi sisi mental manusia. Yoga merupakan olahraga yang mengatur cara napas, cara berelaksasi, hingga meditasi. Kombinasi yoga dengan pola makan yang baik sudah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh juga mental manusia. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat diturunkan jika melakukan olahraga yoga.

Cara efektif bakar lemak saat berpuasa

Dilansir dari gymnation.com, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan agar pembakaran lemak terjadi secara efektif di bulan Ramadan.

Batasi konsumsi karbohidrat

Dengan terbatasnya karbohidrat yang ada pada tubuh, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi dan hal tersebut akan membantu tubuh membakar lemak. Sahabat Fimela tidak harus benar-benar menghentikan konsumsi karbohidrat, hanya saja Sahabat Fimela dapat membatasi konsumsi makanan berkarbohidrat, seperti nasi, roti, dan kentang. Konsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayur-sayuran dapat membantu menurunkan berat badan tanpa mengurangi energi yang ada pada tubuh.

Tingkatkan konsumsi protein saat sahur dan buka puasa

Makanan yang kaya akan protein akan membantu Sahabat Fimela dalam menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menekan nafsu makan. Sahabat Fimela dapat mengonsumsi daging ayam, daging sapi, atau daging ikan untuk berbuka dan dapat mengonsumsi telur saat sahur.

Hindari jus dan minuman bersoda

Jus merupakan minuman yang tinggi akan gula karena banyaknya gula yang digunakan di dalamnya. Begitu pula minuman bersoda, minuman bersoda memiliki sekitar 32 gram gula yang setara dengan 6 sendok teh gula. Sebaiknya, konsumsi air mineral atau jika ingin jus, maka berikan rasa menggunakan perasan lemon daripada gula.

Batasi konsumsi makanan penutup

Jika Sahabat Fimela ingin menurunkan berat badan, batasi dan kurangi konsumsi makanan penutup. Makanan penutup adalah makanan yang tinggi akan gula dan kalori. Makanan-makanan manis tetap dapat dikonsumsi, tetapi tidak untuk konsumsi harian. Sahabat Fimela dapat mengonsumsi makanan manis lainnya, seperti buah-buahan atau dark chocolate yang rendah gula dan kalori.

Tetap beraktivitas fisik

Aktitivas fisik atau berolahraga dapat membantu membakar kalori yang ada pada tubuh. Bulan Ramadan bukanlah alasan untuk berhenti melakukan aktivitas fisik. Intensitas yang dilakukan selama berolahraga tidak harus sama dengan intensitas di hari-hari biasa, Sahabat Fimela dapat menyesuaikan dengan kemampuan tubuh saat sedang berpuasa. Hal yang paling penting adalah Sahabat Fimela tetap menggerakkan tubuh agar lemak tidak mengendap.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading