Sukses

Health

Inilah Skala Kecerdasan Otak Manusia Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Otak adalah mesin penggerak segala fungsi dan aktivitas tubuh manusia. Kecerdasan, kreativitas, emosi, ingatan, dan gerakan menjadi sekian dari banyak hal yang diatur oleh otak. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa kemampuan kita untuk berpikir cepat dan mengingat informasi, yang juga dikenal sebagai fluid intelligence, mencapai puncaknya pada usia 20 tahun dan kemudian mulai menurun secara perlahan. 

Hingga saat ini, sulit untuk mempelajari bagaimana keterampilan kognitif berubah seiring berjalannya waktu karena tantangan untuk mengajak sejumlah besar orang yang lebih tua dari mahasiswa dan lebih muda dari 65 tahun untuk datang ke laboratorium psikologi untuk berpartisipasi dalam eksperimen. Menyadur dari news.mit.edu, Hartshorne dan Germine mampu melihat penuaan dan kognisi secara lebih luas karena mereka telah menjalankan eksperimen skala besar di Internet, di mana orang-orang dari segala usia dapat menjadi subjek penelitian.

Menurut Hartshorne dan Germine, kemampuan kognitif tidak mencapai puncaknya pada saat yang sama atau bahkan mengikuti tren apa pun seiring bertambahnya usia. Namun, tahukah Sahabat Fimela seperti apa tahapan perkembangan otak manusia? Selengkapnya diulas melalui saduran dari verywellmond.com dan businessinsider.com.

Kapan kecerdasan otak mencapai puncaknya?

Menyadur dari verywellmind.com dan businessinsider.com, penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kecerdasan otak tertentu mencapai puncaknya pada usia berikut:

1. 18-19 tahun

Kecepatan pemrosesan otak secara keseluruhan dan memori detail untuk mengolah informasi mencapai puncaknya sekitar usia 18-19 tahun.

2. 22 tahun

Kemampuan mempelajari nama-nama asing mencapai puncaknya pada usia 22 tahun.

3. 25 tahun

Ingatan jangka pendek menjadi lebih baik hingga sekitar usia 25 tahun. Memori ini tetap stabil hingga mulai menurun sekitar usia 35 tahun.

4. 30 tahun

Memori wajah mencapai puncaknya dan kemudian mulai menurun secara bertahap.

5. 35 tahun

Ingatan jangka pendek Sahabat Fimela mulai lemah dan menurun.

6. 40-48 tahun

Kemampuan konsentrasi dan pemahaman emosional mencapai puncaknya pada masa dewasa pertengahan hingga akhir.

7. 50 tahun

Kemampuan seaeorang melakukan pengurangan dan pembagian dasar belum mencapai puncaknya hingga usia Sahabat Fimela yang ke-50 tahun. Selain itu, juga terjadi kemampuan mempelajari dan memahami sebuah informasi.

8. 60 tahun 

Kemampuan kosakata terus meningkat.

9. 60-70 tahun

Kecerdasan yang terkristalisasi atau akumulasi pengetahyan dan fakra tentang dunia mencapai puncaknya pada usia lanjut.

Perubahan otak orang dewasa

Beberapa tes kecerdasan paling awal hanya mengkategorikan semua orang yang berusia di atas 16 tahun sebagai 'dewasa'. Saat ini, para peneliti menyadari bahwa otak terus berkembang dan berubah sepanjang masa dewasa awal dan terdapat perubahan signifikan dalam fungsi otak seiring bertambahnya usia.

Namun, kita cenderung menganggap otak orang dewasa sebagai sesuatu yang relatif stabil dan tidak berubah, yang menunjukkan bahwa berbagai kemampuan mental hanya bersifat statis, atau bahkan menurun, sepanjang sebagian besar masa dewasa.

Ada juga kecenderungan untuk percaya bahwa kemampuan mental tertentu, seperti fluid intelligence, biasanya mencapai puncaknya pada awal masa dewasa. Sebaliknya, kecerdasan terkristalisasi sering diperkirakan mencapai puncaknya pada masa dewasa akhir.

Beberapa kemampuan mental mencapai puncaknya jauh di kemudian hari dalam kehidupan

Menyadur verywellmind.com, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, berbagai aspek fluid intelligence mencapai puncaknya pada usia yang berbeda-beda, dan beberapa kemampuan mencapai puncaknya pada usia 40 tahun.

Menurut Hartshorne, hal itu karena otak selalu berubah. Berapapun usia Sahabat Fimela, kamu akan menjadi lebih kuat di beberapa area dan lebih buruk di area lain.

Hartshorne sebelumnya menemukan bahwa memori visual jangka pendek mencapai puncaknya pada pertengahan usia 30-an sebelum mulai menurun. Dalam penelitian lain, Germine menemukan bahwa kemampuan mengenali wajah juga meningkat hingga seseorang berusia awal 30-an dan kemudian mulai menurun secara bertahap.

Sebaliknya, kemampuan yang berbeda tampaknya mencapai puncaknya pada usia yang sangat berbeda dan terkadang mengejutkan. Hasil ini membantu menginspirasi penyelidikan lebih lanjut tentang bagaimana kemampuan mental berubah seiring bertambahnya usia.

 

Penulis: Miftah DK.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading