Sukses

Health

Kenali Penyebab Gatal di Seluruh Badan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Gatal seluruh badan adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Ketika rasa gatal melanda, tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, gatal-gatal ini juga bisa menyebabkan iritabilitas dan gangguan tidur bagi penderitanya.

Penyebab gatal seluruh badan bisa bermacam-macam. Beberapa di antaranya adalah alergi, penyakit kulit, gangguan pada sistem saraf, dan penyakit menular. Alergi merupakan salah satu penyebab yang sering terjadi. Alergi bisa disebabkan oleh makanan tertentu, obat-obatan, serbuk sari, atau bahan kimia tertentu.

Selain itu, gangguan pada sistem saraf seperti herpes zoster atau penyakit kulit dengan gejala lain seperti nyeri atau kesemutan, juga dapat menjadi penyebab gatal-gatal yang di seluruh badan. Selain itu, ada juga penyakit menular seperti scabies atau kurap yang bisa menyebabkan rasa gatal yang luas di kulit.

Gatal seluruh badan bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mengenali penyebabnya dan mengatasi masalah gatal tersebut bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan karena gatal di seluruh badan. Berikut berbagai penyebab gatal di seluruh badan yang harus segera diatasi.

Penyebab Gatal Seluruh Badan

1. Penyakit Hati

Penyakit hati merupakan kondisi serius yang dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi dan kesehatan organ hati. Salah satu gejala yang kadang terjadi pada penderita penyakit hati adalah merasakan gatal di seluruh tubuh. Gatal ini disebabkan oleh peningkatan garam empedu yang biasanya terjadi pada penderita kondisi hati yang tidak normal. Mengapa garam empedu dapat menyebabkan gatal masih belum sepenuhnya dipahami, namun para peneliti menduga bahwa akumulasi garam empedu di bawah kulitlah yang menyebabkan gejala ini muncul.

2. Ginjal

Penyakit ginjal merupakan kondisi serius yang dapat menyebabkan berbagai gejala pada tubuh, termasuk gatal seluruh badan. Gatal yang dialami oleh penderita penyakit ginjal disebabkan oleh penumpukan racun dan zat sisa metabolisme yang seharusnya disaring oleh ginjal. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun-racun tersebut akan tetap berada dalam tubuh dan dapat mengiritasi kulit, menyebabkan rasa gatal yang terus menerus.

3. Anemia

Anemia defisiensi besi bisa menjadi masalah serius bagi banyak orang, terutama jika tidak diobati dengan tepat. Salah satu gejala yang sering muncul pada penderita anemia adalah gatal yang melanda seluruh badan. Gatal ini disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi kering dan sensitif. Namun, ironisnya, pengobatan untuk anemia sendiri juga dapat menimbulkan efek samping berupa gatal. Hal ini terjadi ketika orang mengalami reaksi alergi terhadap suplemen zat besi yang diberikan oleh dokter.

4. Diabetes

Diabetes adalah kondisi medis yang sering kali mengakibatkan tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah. Ketika kadar glukosa meningkat, tubuh akan mencoba untuk menyingkirkan kelebihan gula tersebut dengan menarik lebih banyak cairan dari sel-sel tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi dan kehilangan cairan pada kulit, yang membuat kulit menjadi kering dan menyebabkan terjadinya rasa gatal di seluruh badan pada penderita diabetes.

5. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid adalah kondisi yang dapat berdampak pada kesehatan kulit seseorang. Hormon tiroid berperan penting dalam proses regenerasi sel kulit, sehingga jika kadar hormon tersebut tidak seimbang, proses pergantian sel kulit bisa terganggu. Akibatnya, sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi kering serta bersisik. Selain itu, gangguan tiroid juga dapat menyebabkan gatal-gatal di seluruh badan karena peradangan akibat penumpukan sel kulit mati. Hal ini tentu sangat mengganggu bagi penderita gangguan tiroid, karena gatal yang konstan dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

6. Cacar

Cacar adalah penyakit infeksi virus yang umumnya menyerang anak-anak, namun dapat juga terjadi pada orang dewasa. Gejala awal dari cacar biasanya dimulai dengan munculnya ruam kemerahan di kulit yang kemudian berubah menjadi lepuhan berisi cairan. Lepuhan ini akan memicu produksi zat kimia di kulit yang menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Rasa gatal ini bisa dirasakan selama beberapa hari sebelum lepuhan berubah menjadi keropeng dan gatal pun mereda.

Cara Mengatasi Gatal Seluruh Badan

Gatal seluruh badan adalah kondisi yang bisa sangat mengganggu dan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Gatal bisa menjadi lebih parah saat garukan dilakukan, dan karenanya sangat penting untuk menemukan cara mengatasi gatal seluruh badan dengan tepat.

Salah satu cara mengatasi gatal seluruh badan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Mandi dengan air hangat menggunakan sabun yang lembut dan bebas pewangi dapat membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan gatal-gatal. Hindari penggunaan air panas, karena dapat membuat kulit kering dan memperparah gatal.

Selain itu, penting juga untuk meningkatkan asupan air minum agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering yang memicu timbulnya rasa gatal. Minum setidaknya 8 gelas air per hari dapat membantu menjaga kulit tetap lembap.

Menggunakan pelembap juga bisa membantu mengurangi gatal seluruh badan. Pilihlah pelembap yang lembut dan bebas alkohol atau pewangi, karena kandungan-kandungan ini dapat membuat kulit jadi lebih teriritasi. Gunakan pelembap sesuai kebutuhan setelah mandi atau setiap kali kulit terasa kering.

Bukan hanya kebersihan dan kelembapan yang perlu diperhatikan, hindari juga menyentuh atau menggaruk kulit secara berlebihan. Garukan yang terlalu keras bisa memicu kulit jadi merah dan lebih gatal. Bila tidak tahan gatal, cobalah mengompres area yang gatal dengan air dingin atau menggunakan krim anti-gatal yang direkomendasikan oleh dokter.

Jika gatal terus menerus dan tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Ada kemungkinan gatal seluruh badan adalah gejala dari penyakit lain yang memerlukan penanganan medis. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab gatal tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading