Sukses

Health

Penyebab Gatal di Sela Jari Kaki yang Tak Boleh Diremehkan

Fimela.com, Jakarta Gatal-gatal di sela-sela jari kaki seringkali dianggap remeh dan sering diabaikan oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa gatal-gatal tersebut sebenarnya bisa menjadi tanda dari adanya penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai?

Gatal-gatal di sela-sela jari kaki dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari reaksi alergi hingga kondisi medis tertentu. Salah satu penyebab umum gatal-gatal di sela-sela jari kaki adalah infeksi jamur, atau yang dikenal dengan istilah tinea pedis atau kurap. Jamur ini biasanya tumbuh di daerah yang lembap, seperti di antara jari kaki, dan dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Gatal di sela jari kaki memang sering dianggap sepele. Namun kondisi ini tak boleh disepelekan atau diremehkan. Bisa jadi gatal di sela jari kaki ini merupakan gejala dari suatu penyakit. Berikut penyebab gatal di sela jari kaki yang tak boleh diremehkan.

Penyebab Gatal di Sela Jari Kaki

1. Kutu Air

Salah satu penyebab utama kaki gatal dalam jangka panjang adalah kutu air. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur, yang dapat menyebabkan kemerahan dan kulit pecah-pecah.

Selain menyebabkan rasa gatal dan sensasi terbakar di sela-sela jari kaki, kutu air juga merupakan kondisi yang mudah menular. Untuk meminimalkan komplikasi lebih lanjut, penting untuk menjaga kebersihan dan kekeringan kaki. Penting untuk mengganti kaus kaki dan sepatu secara teratur.

2. Gigitan Serangga

Selama beraktivitas di luar ruangan, terutama saat tidak mengenakan alas kaki tertutup, kaki lebih rentan terhadap gigitan serangga. Khususnya di area yang banyak ditumbuhi rumput. Biasanya, jari-jari kaki terasa gatal ketika digigit serangga.

Gigitan serangga, seperti gigitan semut, tidak berbahaya tetapi dapat menyebabkan iritasi karena rasa gatal yang ditimbulkannya. Ini karena gigitan serangga tertentu dapat hilang dalam beberapa jam, sementara yang lain dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Dermatitis Kontak

Gatal di sela-sela jari kaki juga dapat disebabkan oleh dermatitis kontak. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit akibat kontak langsung antara kulit dengan zat yang memicu alergi.

Sering kali ruam dapat disertai rasa gatal dan sensasi terbakar. Jika hal ini dialami, mungkin saja ini adalah akibat dari alergi terhadap salah satu bahan di dalam sepatu. Sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti kaus kaki dan sepatumu saat ini.

 

Penyebab Gatal di Sela Jari Kaki

4. Cacing Tambang

Jari kaki yang gatal juga dapat merupakan gejala infeksi cacing tambang. Cacing parasit memiliki kemampuan untuk masuk melalui celah di antara jari-jari kaki. Selain menyebabkan gatal, hal ini juga dapat menyebabkan ruam yang melepuh. Di dalam tubuh, cacing parasit memiliki kemampuan untuk berkembang biak dan mendistribusikan dirinya ke berbagai area tubuh.

Ketika cacing tambang menginfeksi secara kronis di saluran usus, mereka dapat mengekstraksi darah dan menyebabkan perkembangan anemia defisiensi besi pada pasien. Gejala lain yang mungkin timbul, seperti diare, demam, dan sakit perut, ketika terinfeksi cacing tambang.

5. Eksim Dishidrosis

Eksim dishidrosis dianggap sebagai penyebab potensial lain dari gatal di sela-sela jari kaki. Penyakit ini ditandai dengan munculnya lepuh berisi cairan bening pada sisi jari kaki dan tangan. Lepuhan dapat menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Bahkan, kulitnya kadang sampai terkelupas.

Eksim dishidrosis umumnya ditemukan pada tangan, tetapi juga dapat terjadi pada lipatan kaki. Penyakit ini juga dapat terjadi pada siapa saja. Namun, ini lebih sering terjadi pada wanita dan pria dewasa.

Itulah beberapa penyakit berbahaya yang bisa menjadi penyebab rasa gatal-gatal di sela kaki dalam waktu lama. Jika kamu mengalami gejala-gejala penyakit ini, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan demikian, kamu dapat menerima perawatan yang cepat dan tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading