Sukses

Health

Penyebab Kuku Kaki Berubah Warna yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kuku menjadi orange padahal tidak menggunakan cat kuku bisa menjadi tanda adanya infeksi yang perlu diwaspadai. Warna kuning atau orange pada kuku bisa menjadi tanda infeksi jamur atau bakteri yang perlu segera ditangani untuk mencegah masalah yang lebih serius.

Infeksi jamur kuku, yang dikenal sebagai onikomikosis, dapat menyebabkan perubahan warna kuku menjadi kuning atau bahkan orange. Infeksi jamur ini biasanya terjadi ketika kuku terpapar kelembaban yang tinggi atau sering terkena air, sehingga memungkinkan jamur untuk tumbuh. Selain warna yang berubah, orang yang mengalami infeksi jamur kuku juga dapat merasakan kuku menjadi tebal, rapuh, dan terkelupas.

Selain berubah warna menjadi kuning atau orange, kuku juga bisa berubah menjadi warna lain. Berbeda warnanya beda pula penyebabnya. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengatasinya. Berikut penyebab kuku berubah warna yang perlu diketahui.

Penyebab Kuku Kaki Berubah Warna

Penyebab kuku berubah warna bisa bermacam-macam, namun yang paling umum adalah karena infeksi jamur atau bakteri. Infeksi jamur dapat menyebabkan kuku menjadi kuning, coklat, hijau, atau hitam. Sementara itu, infeksi bakteri juga dapat mengakibatkan perubahan warna pada kuku, biasanya menjadi hijau atau hitam.

Selain itu, penggunaan pewarna kuku yang terlalu sering atau dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku. Zat kimia dalam pewarna kuku dapat meresap ke dalam kuku dan menyebabkan perubahan warna yang tidak diinginkan.

Penyakit tertentu seperti psoriasis, infeksi paru-paru, atau penyakit hati juga dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku. Kondisi medis ini dapat mengganggu pertumbuhan kuku dan menyebabkan perubahan warna yang tidak biasa.

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, kekurangan gizi, atau paparan zat kimia berbahaya juga dapat memengaruhi warna kuku. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan kuku, atau oleh paparan zat kimia berbahaya yang dapat merusak kuku.

Penyebab Lainnya Berdasarkan Warna

1. Kuku Berubah Kemerahan

Biasanya, kuku tampak berwarna merah muda dan pucat. Jika warna merah muda menjadi lebih merah dari biasanya, ini mungkin mengindikasikan kekurangan gizi.

Mengalami kondisi ini merupakan indikasi perlunya perhatian medis segera.

2. Kuku Menjadi Kehitaman

Ada berbagai penyebab kuku bergaris hitam. Kuku yang menggelap disebabkan oleh jumlah pigmen melanosit yang berlebihan. Cedera dan memar juga bisa menjadi penyebab umum kuku hitam.

Obat-obatan tertentu, khususnya kemoterapi, perawatan kanker kulit, dan obat-obatan yang digunakan untuk menangani kondisi seperti HIV dan lupus, kadang-kadang dapat menyebabkan perubahan warna kuku, meskipun kejadian ini tidak terlalu sering terjadi. Oleh karena itu, penting untuk tidak mengabaikan jenis tanda kuku ini, karena bisa berdampak parah.

3. Kuku Berwarna Keunguan

Kuku yang berubah menjadi warna keunguan dapat mengindikasikan adanya hematoma subungual. Biasanya, ini mengacu pada memar bagian dalam kuku.

Biasanya, tidak ada tindakan khusus yang diperlukan untuk perawatannya. Namun demikian, mungkin diperlukan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan warna alami kuku.

Perubahan warna pada kuku Anda akan memudar setelah dipangkas. Pada kasus tertentu, ketika terjadi penumpukan tekanan darah pada lempeng kuku, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan harus ditangani oleh dokter.

4. Kuku Berwarna Kuning dan Cokelat

Kuku yang berwarna kuning dan coklat tebal biasanya dikaitkan dengan infeksi jamur.

Jamur dapat menyebabkan kuku berubah warna, menjadi lebih tebal, dan memiliki penampilan yang tidak menarik. Untuk mengatasinya, biasanya ditentukan oleh tingkat infeksi.

Kuku berwarna abu-abu kecokelatan juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan B12, selain warna yang disebabkan oleh jamur.

5. Kuku Berwarna Putih

Warna putih pada kuku biasanya muncul sebagai noda garis atau titik yang disebabkan oleh tekanan atau trauma. Jika ada tekanan yang parah pada kuku, bisa menyebabkan memar dan warna ungu.

Perubahan warna putih pada kuku kaki biasanya terjadi ketika mengenakan sepatu yang tidak pas. Gesekan yang terus menerus pada kuku dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku kaki.

Tak ada yang banyak dilakukan untuk mengatasi kondisi kuku tersebut. Vitamin penguat rambut, kuku, dan kulit adalah solusi efektif untuk membantu penyembuhan.

Selain tekanan, kuku dapat berubah menjadi putih karena anemia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading