Sukses

Health

Penyebab Kaki Pegal Sebelah Kiri yang Bisa Jadi Gejala Penyakit

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami kaki yang tiba-tiba terasa pegal? Kaki yang pegal adalah hal yang umum terjadi. Hal ini wajar saja, apalagi jika kaki sudah digunakan untuk melangkah dalam waktu yang lama. Namun bagaimana kalau rasa pegal yang kamu alami itu terjadi secara tiba-tiba dan hanya kaki kiri saja yang pegal?

Kaki yang terasa pegal memang tidak nyaman. Baik itu salah satu atau keduanya yang terasa pegal. Namun rasa pegal di kaki sebelah kiri bisa dijelaskan penyebabnya. Banyak yang beranggapan kaki pegal adalah pertanda kelelahan. Namun kaki yang terasa pegal juga bisa menjadi gejala penyakit. Daripada penasaran, lebih baik simak penjelasan mengenai kaki pegal yang bisa menjadi gejala penyakit berikut ini.

Penyebab Kaki Pegal Sebelah Kiri

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bukan hanya menjadi ancaman bagi kesehatan jantung, tapi juga dapat memicu pegal pada kaki sebelah kiri. Menurut studi dari Journal of Neurology yang dikutip oleh Medical News Today, kadar kolesterol jahat yang rendah dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik pada wanita di atas 45 tahun. Kolesterol tinggi memiliki kemungkinan untuk menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, yang tidak hanya memengaruhi jantung, tetapi juga dapat memicu nyeri dan ketidaknyamanan pada kaki karena adanya arteri yang tersumbat. Kurangnya pasokan darah dapat menghasilkan sensasi lemas, lunglai, dan nyeri, yang bahkan dapat menjalar ke bagian lain di kedua kaki.

Sakit Jantung

Penyempitan arteri akibat penumpukan plak tidak hanya menjadi ancaman untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap rasa pegal pada kaki, terutama ketika sedang berjalan. Fenomena ini menunjukkan bahwa penanganan kesehatan jantung juga dapat memiliki dampak positif terhadap kesehatan kaki.

Skiatika

Skiatika, suatu kondisi yang melibatkan rasa nyeri sepanjang jalur saraf panggul, mungkin menjadi penyebab utama pegal pada kaki sebelah kiri. Saraf panggul yang terjepit atau tekanan pada area tersebut dapat menyebabkan nyeri yang dapat dirasakan pada bokong dan berlanjut hingga ke kaki. Gejala tambahan seperti sensasi terbakar, kesemutan, kelemahan, mati rasa, dan kesulitan menggerakkan kaki dapat menambah kompleksitas masalah ini.

Deep Vein Thrombosis (DVT)

DVT merupakan salah satu penyebab serius pegal pada kaki. Ketika trombus atau bekuan darah terbentuk dalam vena, terutama di kaki, hal ini dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan di tungkai. Komplikasi serius seperti emboli paru juga dapat muncul jika bekuan darah masuk ke aliran darah dan menyumbat pembuluh darah arteri di paru-paru. Faktor pemicu DVT melibatkan gangguan aliran darah, kerusakan pembuluh darah, atau kondisi di mana darah mudah menggumpal.

 

Penyebab Lainnya

Asam Urat

Asam urat dapat menjadi penyebab kaki sakit dan pegal, terutama di area telapak. Biasanya menyerang ibu jari kaki, lutut, pergelangan, dan kaki, serangan asam urat dapat menyebabkan bengkak, panas, kemerahan, nyeri, dan kaku. Intensitas rasa nyeri ini dapat mengakibatkan ketidaknyamanan yang signifikan pada kaki sebelah kiri.

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis, sebuah gangguan peradangan kronis, tidak hanya memengaruhi kesehatan sendi tetapi juga dapat menjadi penyebab kaki sakit dan pegal. Efek samping dari kondisi ini termasuk deformitas tulang yang menyebabkan kaki terasa sangat menyakitkan. Penanganan yang cepat dan tepat oleh dokter dapat membantu meminimalkan dampak yang ditimbulkan dan meningkatkan kualitas hidup.

Diabetes

Penyakit diabetes dapat menimbulkan komplikasi berupa neuropati diabetik, yang memengaruhi kaki termasuk jari-jari kaki yang mati rasa atau kesemutan. Rasa nyeri seperti terbakar, sensitivitas terhadap benda tajam, dan kesakitan (nyeri saraf diabetes) dapat menjadi faktor penyebab pegal pada kaki sebelah kiri. Gejala awal mungkin ringan, namun, seiring berjalannya waktu, rasa sakit kaki ini dapat meningkat dan bahkan menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk tangan. Oleh karena itu, pengelolaan diabetes dengan baik menjadi kunci untuk mencegah komplikasi ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading