Sukses

Health

Penyebab Ibu Hamil Pusing yang Dialami Selama Masa Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang sudah menikah, kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Kehadiran buah hati adalah hal yang paling dinantikan oleh semua calon orang tua.

Kehamilan tentunya jadi kabar yang menggembirakan bagi pasangan yang telah lama menunggu buah hati. Kehamilan kemudian dianggap berkaitan dengan kebahagiaan. Namun nyatanya proses kehamilan tidak semudah dan semenyenangkan yang diperkirakan.

Banyak ibu hamil yang mengeluh merasa pusing selama masa kehamilannya. Walaupun pusing adalah kondisi yang cukup umum terjadi, namun ketika dialami saat hamil maka hal tersebut kadang jadi hal yang sering dikhawatirkan.

Sebenarnya apa hal yang menyebabkan ibu hamil terasa pusing? Berikut beberapa penyebab serta penjelasannya.

Penyebab Ibu Hamil Pusing

1. Fluktuasi Hormonal

Selama kehamilan, fluktuasi hormon dapat menyebabkan relaksasi pembuluh darah. Hal ini dapat mengakibatkan tekanan darah rendah dan pengurangan aliran darah ke otak. Rendahnya pasokan darah ke otak dapat menyebabkan sensasi pusing pada ibu hamil, meskipun umumnya bersifat sementara.

2. Mual dan Muntah Pagi Hari

Kondisi mual dan muntah pada pagi hari, atau morning sickness, dapat menyebabkan kekurangan cairan pada ibu hamil akibat seringnya muntah. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa pusing pada ibu hamil.

3. Hyperemesis Gravidarum yang Parah

Hyperemesis gravidarum, kondisi yang lebih parah daripada morning sickness, menyebabkan mual dan muntah yang ekstrem. Dehidrasi dan kehilangan elektrolit yang terjadi dapat memicu sensasi pusing pada ibu hamil.

4. Tekanan Darah Rendah

Penurunan tekanan darah selama 24 minggu pertama kehamilan, akibat aliran darah yang lebih banyak dialihkan ke janin, dapat menjadi penyebab pusing pada ibu hamil. Gejala lainnya termasuk kelelahan, kepala berputar saat berdiri cepat, gangguan penglihatan, napas pendek, dan rasa haus yang berlebihan.

 

Penyebab Lainnya

5. Tekanan pada Rahim

Pertumbuhan janin dapat menyebabkan perbesarannya pada rahim, menekan pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke otak. Hal ini dapat mengakibatkan pusing pada ibu hamil.

6. Diabetes Gestasional

Perubahan hormon selama kehamilan dapat mengganggu fungsi insulin, menyebabkan diabetes gestasional. Kontrol gula darah yang tidak adekuat dapat menjadi penyebab pusing pada ibu hamil.

7. Anemia Akibat Kekurangan Gizi

Kekurangan asupan asam folat dan zat besi selama kehamilan dapat mengurangi produksi sel darah merah, menyebabkan anemia. Gejala anemia, seperti pusing, kulit pucat, kelelahan, dan sesak napas, dapat dialami oleh ibu hamil.

Itulah 7 penyebab ibu hamil merasa pusing selama masa kehamilan. Jika rasa pusing ini terus berlanjut, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar kondisimu semakin membaik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading