Sukses

Health

Diet CICO, Kenali Lebih Lanjut Sebelum Mencoba

Fimela.com, Jakarta Calories in Calories out atau yang dikenal dengan istilah CICO diet merupakan pola diet yang dilakukan untuk mempertahankan pengeluaran dan pemasukan kalori. Pola diet ini akan menggunakan pendekatan yang lebih memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi dibandingkan dengan jenis makanan yang dipilih. 

Berdasarkan bicycling.com, jenis diet ini sering sekali digunakan saat orang ingin mengurangi berat badan. Diet CICO pada dasarnya menunjukkan keseimbangan energi. Artinya, jika kamu ingin menjaga berat badan, disarankan kalori yang masuk ataupun keluar harus seimbang. Contohnya, hari ini kamu mengkonsumsi 2500, berarti kamu harus mengeluarkan 2500 dengan cara melakukan berbagai macam olahraga.

Berdasarkan penelitian yang berjudul ‘Calories in, calories out’ and macronutrient intake: the hope, hype, and science of calories mengungkapkan bahwa diet ini sama saja dengan konsep calorie deficit. Jika kamu ingin mengurangi berat badan maka, konsumsi makanan lebih sedikit dan membakar lemak lebih banyak. Di sisi lain jika ingin menyeimbangkan maka pengeluaran dan pemasukan harus diperhatikan, sedangkan menaikan berat badan maka apa yang dikonsumsi harus lebih banyak dari apa yang dikurangi.

 

 

Cara Kerja

Agar melakukan diet ini berhasil, kamu disarankan untuk memahami kebutuhan harian kamu. Bisa dimulai dengan memahami tentang kebutuhan energi harian, tindakan ini dilakukan agar saat kamu menjalani hari kamu tidak akan merasa lemas atau kelelahan. Contohnya jika kamu adalah seseorang yang berat badannya ideal sekitar 60 sampai 80 kg, kamu dapat membakar sekitar 400 sampai 500 kalori sebelah bersepeda dengan kecepatan moderat selama 1 jam. 

Nah saat kamu memutuskan olahraga yang kamu lakukan adalah bersepeda dan kamu ingin menurunkan berat badan maka kalori yang kamu makan harus lebih sedikit dari kalori yang kamu keluarkan. Contohnya kamu mengkonsumsi 300 kalori, berarti kamu harus mengeluarkan sekitar 400 keatas kalori. 

Cara menghitung kebutuhan kalori menurut Acefitness.org.

  1. Laki-laki= (88,4 + 13,4 x berat badan) + (4,8 x tinggi badan) - (5,68 x umur)
  2. Perempuan= (447.6 + 9.25 x weight) + (3.10 x height) – (4.33 x age)

Intinya diet ini dilakukan sesuai dengan tujuanmu. Jika kamu ingin menjaga berat badan, kalori masuk dan keluar harus seimbang, serta seterusnya.

Diet ini tidak memfokuskan kepada nutrisi yang kamu konsumsi, tetapi lebih ke arah kalori yang kamu makan. Intinya diet ini lebih memfokuskan kepada makanan yang dapat memberikan energi untuk menjalankan hari.

 

Dampak Positif

Selain diet ini akan memberikanmu ilmu tambahan terutama dalam meningkatkan pemahaman mengenai komposisi gizi dengan cara memonitoring apa yang kamu makan dan camil. Secara tidak langsung diet ini akan membuatmu lebih sadar dengan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan ini kamu akan mengetahui bagaimana cara memberi asukan dan mengeluarkan kalori tersebut dengan cara yang sehat.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, diet CICO dapat membantumu untuk menurunkan berat badan dengan cara menjaga menerapkan kalori defisit yang sehat. Maksudnya makanan yang kamu konsumsi akan lebih sedikit daripada yang kamu keluarkan dengan kutipan “kalori masih dalam batas yang disarankan”.

“Defisit kalori yang sehat disarankan diukur dalam bentuk persentase. Disarankan untuk menargetkan defisit kalori sekitar 15 persen agar proses penurunan berat badan berlangsung secara perlahan dan sehat,” ujar Alex Larson, M.S., R.D.N., L.D., dan atlet triatlon yang berspesialisasi dalam nutrisi kinerja daya tahan yang mengutip dari bicycling.com. 

Untuk kamu yang ingin menambah massa otot disarankan untuk mengkombinasikan diet ini dengan olahraga ketahanan seperti angkat beban. 

 

 

Dampak Negatif

Dilansir oleh bicycling.com, dampak negatif dari olahraga ini akan lebih mengarah ke dalam jumlah energi yang masuk dan keluar. Terutama jika kalori yang masuk lebih sedikit daripada yang dikeluarkan atau kalori yang masuk dan keluar seimbang. Meskipun seseorang sudah merencanakan, tetapi terkadang bisa saja bisa kelewatan target. 

Menambahkan semua orang memiliki tingkat ketahanan yang berbeda dengan satu sama lain. Ada orang yang jumlah kalori yang keluar masuk seimbang bisa merasa biasa saja atau ada orang yang melakukan hal yang sama, tetapi orang itu akan mudah lelah, sehingga mudah sakit. Jadi disarankan untuk mempertimbangkan aktivitas sehari-hari.

Tantangan yang sering muncul dalam menjalani diet CICO adalah berupaya mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar. Dapat menimbulkan potensi terjadinya kekurangan energi yang mungkin menghambat kemampuan kamu untuk mendukung latihan fisik dan memenuhi kebutuhan harian. Inilah sebabnya mengapa sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan seorang ahli diet dan juga untuk selalu memantau dengan cermat perasaan dan tingkat energi.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading