Sukses

Health

9 Penyebab Varises pada Remaja yang Paling Umum Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Varises adalah kondisi pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Pada umumnya, varises ditandai dengan adanya pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol. 

Salah satu kelompok umur yang rentan mengalami varises adalah remaja. Penyebab varises pada remaja yang paling utama adalah genetika atau keturunan. Remaja yang keluarganya memiliki riwayat varises lebih berisiko mengalami daripada remaja dengan riwayat keluarga tanpa varises. 

Selain keturunan, varises pada remaja bisa disebabkan aktivitas fisiknya sehari-hari. Mulai dari berdiri terlalu lama, duduk lama, menggunakan sepatu hak tinggi, merokok, hingga salah mencukur bulu kaki bisa menjadi penyebab varises pada remaja.

Masih banyak lagi penyebab varises pada remaja yang perlu diketahui. Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 9 penyebab varises pada remaja yang paling umum beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Efek Berdiri Terlalu Lama hingga Kehamilan

1. Efek Berdiri Terlalu Lama

Berdiri untuk waktu yang lama adalah penyebab varises pada remaja. Berdiri dalam satu posisi untuk waktu yang lama membuat darah lebih sulit berjalan di pembuluh darah kaki melawan gravitasi.

Penyebab varises pada remaja ini membuat terjadinya tekanan pada pembuluh darah meningkat yang dapat menyebabkan darah menggenang di sekitar pergelangan kaki.

2. Mengalami Obesitas

Lemak tubuh yang berlebih juga merupakan faktor penyebab varises pada remaja. Obesitas memberi tekanan ekstra pada vena tungkai dan katupnya. Penyebab varises pada remaja ini membuat tubuh lebih sulit untuk memompa darah melawan gravitasi kembali ke jantung.

3. Kehamilan

Perempuan jauh lebih mungkin untuk mengembangkan varises selama kehamilan. Itu artinya penyebab varises pada remaja bisa karena kehamilan. Ibu hamil memiliki lebih banyak darah di tubuh mereka. Ini memberi tekanan ekstra pada sistem peredaran darah.

Selain itu, perubahan kadar hormon dapat menyebabkan relaksasi dinding pembuluh darah. Kedua faktor ini meningkatkan risiko penyebab varises pada remaja. Saat janin dalam rahim tumbuh, ada lebih banyak tekanan pada vena di daerah panggul ibu. Pada sebagian besar kasus, varises hilang setelah kehamilan berakhir.

Mengabaikan Kesehatan Otot Kaki hingga Efek Duduk Terlalu Lama

4. Mengabaikan Kesehatan Otot Kaki

Ketika otot kaki kehilangan massanya, celah di otot terbuka dan memungkinkan pembuluh darah melebar dan ini penyebab varises pada remaja. Kondisi ini biasa dialami atelet setelah cedera yang menyebabkan mereka mengurangi porsi olahraganya.

Kondisi penyebab varises pada remaja ini bisa dialami bagi orang yang malas berolahraga atau terlalu malas untuk melemaskan otot. Untuk mencegah penyebab varises pada remaja, disarankan untuk berolahraga yang cukup. Olahraga yang paling bermanfaat untuk mencegah varises adalah berjalan. Yoga juga merupakan pilihan yang baik.

5. Terlalu Sering Merokok

Merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan organ vital tubuh, namun dapat menyebabkan varises pada remaja. Hal ini karena nikotin dalam produk tembakau mengeraskan arteri dan mempersempitnya.

Ketika arteri sempit dan mengeras, gumpalan darah dapat lebih mudah terbentuk. Bahan kimia dan racun tambahan yang ada di sebagian besar produk tembakau bisa mengentalkan darah dan mengurangi oksigen dalam darah. Inilah mengapa penyebab varises pada remaja bisa terbentuk.

6. Duduk Terlalu Lama

Tak cuma berdiri terlalu lama, duduk terlalu lama juga bisa menjadi penyebab varises pada remaja. Biasanya, otot-otot kaki berfungsi sebagai pompa untuk mengarahkan darah vena ke jantung.

Ketika duduk terlalu lama menjadi penyebab varises pada remaja, gravitasi akan membuat darah menggenang di kaki. Tanpa bantuan kontraksi otot untuk memompa darah kembali ke atas, ini penyebab varises pada remaja.

Salah Mencukur Bulu Kaki hingga Lari Berlebihan

7. Salah Mencukur Bulu Kaki

Beberapa remaja, terutama perempuan mudah sekali merasa risih dengan bulu kakinya hingga rutin untuk mencukurnya. Namun, mencukur sembarangan atau terburu-buru dapat menjadi penyebab varises pada remaja.

Kondisi ini bisa lebih berisiko jika memiliki kebiasaan mencabuti bulu kaki. Luka yang ada di kaki akan mengganggu sirkulasi darah di daerah kaki dan memberikan banyak tekanan pada pembuluh darah untuk mengatasi masalah tersebut. Mencukur bulu kaki secara berlawanan arah juga bisa menjadi penyebab varises pada remaja.

8. Menyilangkan Kaki

Meski menyilangkan kaki tidak langsung menjadi penyebab varises pada remaja, kebiasaan ini bisa memicu varises dan membuatnya bertambah buruk. Ini terjadi karena adanya tekanan posisi yang bisa diletakkan pada kaki dan pinggul.

Menyilangkan kaki bisa menjadi penyebab spider veins di mana pembuluh darah bisa terlihat jelas di kulit. Jika seseorang memiliki pembuluh darah yang lemah secara genetik, maka kebiasaan menyilangkan kaki selama beberapa tahun akan menjadi penyebab varises pada remaja. Ini karena otot kaki yang lemah tak bisa mengalirkan darah ke jantung dengan efektif.

9. Lari Berlebihan

Berlari adalah salah satu aktivitas olahraga yang sering dilakukan oleh banyak orang, namun jika dilakukan secara berlebihan, hal ini dapat menyebabkan varises. Lari berlebihan bisa menjadi penyebab varises pada remaja.

Penting untuk mengetahui bahwa beberapa bentuk latihan seperti lari dapat menjadi penyebab varises pada remaja dari waktu ke waktu. Latihan ini menyebabkan cedera berulang pada katup vena di kaki, menyebabkan mereka bocor yang seiring waktu menyebabkan varises berkembang.

Sahabat Fimela, itulah beberapa hal yang bisa memicu varises pada remaja. Umumnya, varises pada remaja dipicu oleh aktivitas sehari-hari yang tanpa kita sadari ternyata dapat menyebabkan varises. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading