Sukses

Health

Ketahui Penyebab Cegukan Berkepanjangan yang Patut Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Cegukan memang merupakan salah satu gangguan kesehatan ringan yang umum terjadi pada siapa saja. Baik pria, perempuan, anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Sebagai kondisi ringan, biasanya cegukan hanya bertahan dalam beberapa waktu dan dapat hilang dengan sendirinya.

Namun, dalam beberapa kasus atau keadaan tertentu, cegukan bisa terjadi dengan sangat lama, bahkan hingga lebih dari dua hari. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Ini termasuk kondisi cegukan yang kronis dan langka terjadi. 

Biasanya cegukan yang terjadi dalam waktu cukup lama menandakan kondisi kesehatan yang serius. Dikatakan, penyebab cegukan terus menerus bisa menjadi tanda terjadinya gangguan pneumonia atau peradangan pada selaput dada.

Untuk itu, penting bagi kamu tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan cegukan susah berhenti. Berikut Fimela.com telah merangkum penyebab cegukan berkepanjangan yang patut diwaspadai. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Mengenal Kondisi Cegukan Kronis

Secara umum cegukan merupakan kondisi yang disebabkan oleh respon kejang tak terkendali dari diafragma diikuti oleh pita suara menutup dengan cepat dan membuat suara khas. Tidak ada penyebab cegukan yang jelas, tetapi kegembiraan, stres , atau mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti soda bersoda, dapat menjadi pemicunya.

Umumnya, cegukan biasanya hilang dalam beberapa menit, tetapi terkadang berlangsung selama berjam-jam. Nah, cegukan yang berlangsung secara terus menerus lebih dari 48 jam dapat dikatakan sebagai penyakit kronis dan dianggap sebagai kondisi medis yang serius.

Tentunya kondisi cegukan yang tidak berhenti ini akan membuatmu tidak nyaman karena menyulitkanmu dalam beraktivitas. Pada kondisi yang lebih parah, cegukan yang berkepanjangan juga menimbulkan berbagai macam efek seperti kelelahan, dehidrasi, dan penurunan berat badan.

Penyebab Cegukan Berkepanjangan

Cegukan yang berkepanjangan bisa menjadi tanda terjadinya masalah kesehatan yang serius seperti pneumonia atau peradangan pada selaput dada. Penyebab cegukan berkepanjangan yang berasal dari gangguan pneumonia ini menimbulkan adanya kerusakan dan iritasi pada saraf yang mengontrol pernapasan.

Selain pneumonia, beberapa gangguan penyakit yang mengganggu sistem saraf pusat juga bisa menjadi faktor penyebab cegukan terus menerus. Seperti penyakit stroke, cedera kepala, atau gangguan multiple sclerosis.

Tidak hanya itu saja, cegukan yang sukar berhenti bisa menjadi salah satu gejala dari gangguan gastrointestinal yang mengganggu lambung, tenggorokan, usus besar dan kecil, hati, kandung empedu, dan pankreas. Berdasarkan laporan, terdapat kasus cegukan kronis yang dialami seseorang setelah menjalani operasi otak dan prosedur gastrointestinal, seperti gastroskopi. Laporan ini menunjukkan bahwa intervensi medis pada bagian tubuh yang terkait dengan cegukan dapat memicu kondisi tersebut.

Cara Mengatasi Cegukan Berkepanjangan

Setelah kamu mengetahui penyeabnya, kamu juga perlu memahami cara untuk mengatasi cegukan yang berkepanjangan agar tidak menimbulkan kondisi yang semakin parah. Beberapa cara mengatasi cegukan terus menerus ini bisa menjadi pertolongan pertama yang kamu lakukan ketika mengalami gangguan tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi cegukan terus menerus yang dapat kamu lakukan:

  • Cegukan yang berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan perasaan stres dan keemasan, sehingga usahakan untuk tetap menjaga kesehatan mental dan fisik agar tidak memperburuk kondisi.
  • Cegukan kronis dapat membuat kamu sulit tidur dan sering terbangun di malam hari. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat tubuh lemas dan kekurangan energi. Sehingga pastikan kamu tidur dan beristirahat dengan cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat.
  • Melakukan olahraga secara teratur juga penting dilakukan guna memperkuat imun tubuh. Namun sebaiknya kamu menghindari aktivitas olahraga berlebihan yang bisa membuat tubuh kelelahan.
  • Cegukan kronis bisa membuat kamu sulit makan dan minum, sehingga usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah kecil namun sering sepanjang hari.
  • Makanan panas, pedas, dan minuman bersoda dapat memperburuk cegukan, jadi kamu harus menghindarinya.
  • Sebaiknya kamu juga waspada akan bahaya tersedak makanan atau minuman. Ambillah suapan kecil dan kunyah makanan dengan seksama sebelum menelan. Cara ini dapat membantu mencegah risiko tersedak.

Nah, Sahabat Fimela, itulah seputar informasi yang bisa menjelaskan penyebab cegukan berkepanjangan. Sebaiknya kamu tidak menyepelekan jika cegukanmu sukar berhenti agar tidak terjadi kondisi yang lebih parah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading