Sukses

Health

10 Penyebab Gusi Berdarah yang Bikin Kamu Khawatir

Fimela.com, Jakarta Saat sedang membersihkan gigi mungkin kamu melihat warna merah atau darah yang keluar dari mulut. Atau saat kamu sedang melakukan flossing untuk membersihkan gigi, mungkin hal ini terjadi karena gusi kamu berdararah. Gusi berdarah dapat disebabkan oleh berbagai alasan dan kamu dapat memeriksa ke dokter gigi.

Memperhatikan kesehatan mulut itu sangat penting dan membutuhkan perawatan yang khusus. Namun, banyak orang yang melupakab dan merawat gusi dengan baik dan benar. Hal inilah yang terkadang membuat mulut yang awalnya sehat berisiko mengalami masalah kesehatan mulut.

Gusi berdarah sering terjadi dan biasanya tidak menjadi masalah serius. Alsan paling umum gusi berdarah karena penumpukan plak atau karang gigi, hal ini memungkinkan bakteri tubuh di sepanjang garus gusi. Kebersihan mulut yang baik tentu akan mencegah sensitivitas dan pendarahan. Berikut beberapa penyebab gigi berdarah yang perlu kamu waspadai:

1. Radang Gusi

Radang gusi merupakan tahap pertama dari penyakit gusi. Gejala ini akan meliputi gusi yang lunak, bengkak, dan beberapa kasus gusi akan berdarah jika menyikat dan flossing. Selain itu ini akan terjadi ketika plak di sepanjang gusi tidak dihilangkan dengan benar. Plak lengket ini akan berkembang biak dengan segala mavam bakteri jahat yang akan menyebabkan pendarahan dan kepekaan.

2. Obat-Obatan

Kemungkinan penyebab lain gusi berdarah adalah penggunaan obat-obatan. Obat pengencer darah akan menurunkan darah untuk menggumpal, meyebabkan pendarahan lebih mudah, termasuk di garis gusi.

3. Rutinitas Flossing

Jika sebelumnya kamu pernah melakukan flossing dan tidak berdarah, mungkin flossing cara kamu yang baru dapat menjadi penyebabnya. Namun, pendarah gusi karena flossing akan berhenti dengan sendirinya. Akan tetapi jika kamu merasakan gusi berdarah setiap melakukan flossing maka harus mengunjungi ke dokter gigi.

4. Sikat Gigi Baru

Sikat gigi jenis baru juga dapat menyebabkan gusi berdarah, jika sebelumnya kamu menggunakan bulu lembut dan beralih ke bulu keras maka gusi akan membuat tanda untuk kamu berhenti melakukan bulu keras tersebut. Bulu lembut tentu akan direkomendasikan karena gusi akan lebih mudah menerima.

5. Kehamilan

Selanjutnya peningkatan hormon selama kehamilan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke gusi kamu. Hal ini biasanya akan membuat gusi kamu lebih sensitif terhadap plak dan bakteri. Selain itu juga akan menyebabkan gusi lunak dan gusi berdarah saat menyikat.

6. Kebiasaan Kebersihan Mulut yang Buruk

Ternyata kebiasaan kebersihan mulut yang buruk juga menjadi penyebab gusi berdarah. Gusi yang sehat juga dapat berdarah dan menjadi sakit ketika kamu tidak melakukan kebersihan mulut. Kamu dapat menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari, serta melakykan flossing untuk mencegah plak dan gusi bengkak.

7. Diet

Beberapa bahan dalam makanan olahan akan mengiritasi gusi dan menyebabkan pendarahan ringan. Kamu dapat makan dengan buah-buahan atau sayuran yang memiliki kandungan kaya kalsium , vitamin, dan magnesium untuk membantu kesehatan mulut.

8. Stress

Ketika kita mengalami stress dan kecemasan yang konstan akan membahayakan sistem kekebalan dan membuatnya lebih sulit untuk menangkan masalah, termasuk gusi berdarah dan penyakit gusi. Selain itu stress juga menyebabkan peradangan di seluruh tubuh dan dipembuluh darah.

9. Merokok atau Vape

Jika kamu masih merokok atau vape maka akan meningkatkan risiko masalah kesehatan mulut, termasuk gusi snesitif, sakit, dan berdarah. Pendarahan gusi biasanya akan menyebabkan bakteri berbahaya yang terpenrangkap di antara gigi dan gusi dan masuk ke aliran darah, serta menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

10. Gigitan Tidak Sejajar

Maksud dari gigitan yang tidak sejajar adalah ketika kamu menekan makanan ke tempat dalah satu kamu menggigit atau menggertakan gigi. Destruktif inilah yang akan mempengaruhi gigi kamu serta jaringan pendukung ke tulang. Jika kamu memberikan tekanan berulang di satu tempat, maka gusi akan menyusut dan tulang akan menjadi rapuh, serta membuat penyakit gusi berdarah.

Merawat mulut juga perlu kamu perhatikan dengan baik dan benar. Kamu juga perlu merawat gigi, gusi, dan sekitar mulut. Kebersihan mulut yang baik tentu akan membuat sensitivitas pendarahan berkurang. Untuk itu kamu juga perlu memperhatikan kesehatan mulut lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading