Sukses

Health

10 Penyebab Bau Mulut yang Bikin Nggak Percaya Diri saat Berbicara

Fimela.com, Jakarta Bau mulut disebut halitosis, hal ini biasanya akan membuat kita kurang percaya diri dan membuat kecemasan. Terkadang kita akan menutupi bau mulut menggunakan permen karet, permen mint, obat kumur, atau produk lainnya.

Ternyata banyak produk tersebut memiliki sifat sementara dan tidak mengatasi penyebab masalah bau mulut. Penyebab bau mulut dapat berasal dari kondisi kesehatan dan faktor makanan tertentu.

Jika teknik perawatan gigi atau gosok gigi kamu kurang baik dan benar maka akan membuat bau mulut. Bau ini dapat berasal dari mulut, gigi, atau sebagai masalah kesehatan yang mendasari lainnya. Untuk itu berikut beberapa penyebab bau mulut yang perlu kamu tahu:

1. Kebersihan Gigi yang Buruk

Bakteri akan memecah partikel makanan yang terperangkap di gigi atau mulut. Kombinasi bakteri dan makanan akan membusuk di mulut dan menghasilkan bau yang tak sedap. Menyikat gigi atau flossing akan menghilangkan plak, zat lengket yang menumpuk di gigi yang menyebabkan bau. Se;ain itu penumpukan plak juga dapat menyebabkan gigi berlubang serta penyakit periodontal.

2. Makanan dan Minuman Tertentu

Saat kamu makan bawang merah, bawang putih, atau makanan yang memiliki bau kuat. Biasanya perut akan menyerap minyak dari makanan selama pencernaan. Minyak ini akan masuk ke aliran darah dan berjalan ke paru-paru.

3. Merokok

Merokokjuga dapat menjadi penyebab bau mulut yang tak sedap dan akan mengeringkan mulut kamu, hal ini biasanya akan membuat bau napas kamu semakin buruk.

4. Mulut Kering

Ternyata mulut kering juga menjadi penyebab bau mlut. Biasanya mulut yang kekurangan air liur akan menjadi kering. Padahal air liur memiliki manfaat untuk menjaga mulut tetap bersih dan mengurangi bau. Mulut kering juga menjadi masalah bahwa kamu memiliki kondisi kelenjar ludah, tidur dengan mulut terbuka, atau minum obat tertentu.

5. Penyakit Periodontal

Penyakit periodontal atau penyakit gusi, akan terjadi ketika kamu tidak menghilangkan plak dari gigi. Seiring waktu plak akan mengeras menjadi karang gigi. Namun, tidak semudah itu untuk menghilangkan karang gigi dengan menyikat, jika kamu berusaha melakukannya maka akan membuat gusi kamu iritasi. Makanan, bakteri, dan plak gigi akan terkumpul di kantong dan menyebabkan bau yang menyengat.

6. Obat-Obatan

Beberapa obat secara tidak langsung akan menghasilkan bau mulut dan membuat mulut kering. Selain itu hal ini juga akan dipecah dalam tubuh untuk melepaskan bahan kimia yang dapat terbawa pada napas kamu.

7. Kondisi Mulut, Hidung, dan Tenggorokan

Bau mulut terkadang juga bisa berasal dari batu kecil yang terbentu di amandel dan tertutup dengan bakteri yang menghasilkan bau. Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, atau tenggorokan juga dapat menyebabkan postnasal drip yang menyebabkan bau mulut.

8. Sinus

Bau mulut yang tidak sedap biasanya akan berkembang jika kamu memilki masalah mulut lainnya, seperti:

  • Infeksi sinus.
  • Drainase postnasal.
  • Bronkitis kronis.
  • Infeksi pada sistem pernapasan bagian atas atau bawah.
  • Batu amandel yang cenderung mengumpulkan bakteri, dan menjadi sumber bau mulut.

9. Penyakit

Bau mulut yang tidak biasa dan menjadi gejala beberapa penyakit, seperti :

  • Penyakit gagal ginjal.
  • Diabetes.
  • Apnea tidur.
  • Gangguan refluks gastroesofageal (GERD).

10. Diet Ketat

Puasa dan program makan rendah karbohidrat akan menghasilkan halitosis. Hal ini terjadi karena pemecahan lemak yang menghasilkan bahwan kimia yang disebut Keton. Keton ini memiliki aroma yang sangat kuat.

Nah itulah beberapa penyeba bau mulut yang sering menganggu. Kamu juga perlu memperhatikan kesehatan mulut dan gigi untuk mencegah bau mulut. Terkadang bau mulut membuat kita kurang percaya diri, tetapi dengan kamu memperhatikan makanan dan minuman yang kamu makan serta membersihkan mulut tentu akan mengurangi bau mulut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading