Sukses

Health

5 Penyebab Dengkul Sakit yang Sering Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Dengkul yang sakit merupakan hal biasa dan sering terjadi oleh sebagian orang, hal ini juga bukan merupakan gejala yang serius. Banyak kemungkinan yang dapat dirasakan dari ketegangan otot atau tendonitis, hingga beberapa jenis radang sendi.

Selain itu dengkul atau lutut yang sakit dapat diobati dirumah dan mulai merasa lebih baik setelah beberapa hari. Hal ini kerap terjadi ketika kita melakukan aktifitas fisik di luar ruangan atau mengangkat barang yang terlalu berat.

Seiring bertambahnya usia, dengkul yang sakit mungkin akan menjadi masalah yang umum. Kamu juga akan berisiko terkena nyeri pada lutut jika kelebihan berat badan. Untuk itu kamu perlu mencari tahu apa saja penyebab dengkul sakit yang sering dialami:

1. Ligamen atau Otot Lutut Terkilir

Ligament atau otot lutut yang terkilir atau tegang biasanya dapat disebabkan oleh pukulan pada lutut atau terkilir secara tiba-tiba. Gejala sering termasuk nyeri, bengkak, dan kesulitan berjalan.

2. Tendonitis

Peradangan pada tendon dapat terjadi akibat penggunaan tendon yang berlebihan selama aktivitas tertent seperti, berlari, melompat, atau bersepeda. Tendonitis pada tendon patella disebut sebagai lutut pelompat, hal ini kerap terjadi ketika kamu berolahraga, bermian bola bakes, dan melakukan aktivitas fisik lainnya.

3. Radang Sendi

Osteoarthritis merupakan jenis arthritis yang paling umum dan dapat mempengaruhi lutut. Ostheoarthitis merupakan proses degenerative di mana tulang rawan di sendi secara bertahap akan habis. Selain itu hal ini juga dapat disebabkan oleh stress yang berlebih pada sendi seperti cidera atau kelebihan berat badan.

4. Sakit Pinggang atau Kaki

Jika kamu mengalami pinggul atau kaki yang sakit, kamu dapat mengubah cara jalan untuk menghindari nyeri sendi. Selain itu gaya berjalan juga dapat mempengaruhi sakit pada lutut biasanya akan memiliki banyak tekanan pada sendi lutut kamu.

5. Sindrom Nyeri Patellofemoral

Ketidakseimbangan otot, sesak, dan masalah kaki lainnya biasanya akan menyebabkan kondisi ini. Hal ini juga akan menyebabkan nyeri lutut dan “tekut” sesekali, yang berarti lutut kamu tidak dapat menahan berat badan. Hal ini umumnya terjadi pada perempuan daripada laki-laki.

Cara Mengatasi Dengkul Sakit

  • Penurunan Berat Badan : Melakukan diet juga dapat membantu memperbaiki dengkul yang kerap sakit, hal ini tentu akan mengurangi jumlah beban pada sendi di lutut.
  • Obat Alami : obat alami juga dapat mencakup seperti suplemen, minyak esensial, dan akupuntur. Kamu dapat mencoba akupuntur untuk mengetahui manfaat dan efektifitas meredakan dengkul yang sakit.
  • Obat Pereda Nyeri: obat antiinflamasi nonsteoir (NSAID) juga direkomendasikan membantu beberapa orang yang menderita osteortitis, selain itu rasa tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Nha itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi dengkul yang sakit, terkadang dengkul yang sakit akan mereda dengan sendirinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir, apabila dengkul sakit dalam waktu lama kamu dapat mencoba periksa ke dokter untuk mengatasi hal tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading