Sukses

Health

7 Penyebab Tidak Bisa Buang Air Besar dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa penyebab tidak bisa buang air besar. Hal ini biasanya dapat dikarenakan oleh gaya hidup sehingga mengonsumsi obat-obatan tertentu. Bisanya hal ini dikenal sebagai sembelit atau dalam bahasa medis adalah konstipasi.

Sembelit akan terjadi ketika buang air besar menjadi lebih jarang dan tinja akan sulit dikeluarkan. Ini paling sering terjadi karena perubahan pola makan atau rutinitas yang kurang baik. Selain itu auspan serat yang kurang memadai.  

Beberapa orang biasanya akan terkena sembelit. Selain itu jika kamu mengalami sakit parah akibat tidak bisa buang air besar, ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Namun untuk itu kamu perlu mengetahui penyebab tidak bisa buang air besar:

1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang mengonsumsi serat atau cairan juga dapat memicu terjadinya konstipasi. Ada beberapa perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu jugda dapat menyebabkan tidak bisa buang air besar.

Tak hanya itu, jika kamu malas berolahraga, memiliki gangguan makan, atau kurang aktif berkerak juga dapat menyebabkan sulit buang air besar lho.

2. Kehamilan

Ada 40% perempuan yang akan mengalami konstipasi selama hamil, terutama pada trimenster awal kehamilan. Hal ini juga dapat terjadi ketika tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesterone saat hamil.

Tentu akan melemahkan otot tubuh, termasuk otot usus, sehingga akan sulit untuk berkontraksi. Namun hal ini tidak akan berbahaya, akan tetapi bagi kamu yang sedang hamil lebih baik dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Menunda Buang Air Besar

Beberapa orang mungkin akan lebih sering menunda buang air besar dalam kondisi tertentu. Justru hal ini merupakan salah satu masalah yang kurang baik. Menunda buang air besar akan menyebabkan susah buang air besar.

4. Pengaruh Obat-Obatan

Selain itu pengaruh obat-obatan juga menjadi masalah lainnya kamu susah buang air besar. Obat-obat ini dapat berupa suplemen kalsium dan zat besi, obat antiepilepsi, dan antidepresan. Serta beberapa obat pereda nyeri golongan narkotik, seperti kodein dan morfin.

5. Kondisi Medis Tertentu

Selanjutnya adalah penyebab kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, dan kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Tak hanya itu konstipasi akan terjadi ketika seseorang akan mengalami penyakit radang usus, kanker usus besar, hingga kelainan saraf.

6. Perut Terasa Keras dan Mulas

Menjalani rutinitas harian selama sembelit akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Selain itu sisa makanan yang menumpuk dalam usus akan mengeras dan membuat perut terasa penuh.

7. Wasir

Yang terakhir adalah wasir. Tidak bisa buang air besar biasanya akan rentan terekana wasir atau ambien. Hal ini dapat disebabkan oleh tekanan besar yang terus menerus diterima pembuluh darah vena di anus selama kamu mengeden.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Buang Air Besar

  • Minum Obat, agar terhindar dari masalah buang air besar kamu harus minum obat begitu merasakan susah air besar. Namun ada baiknya kamu menanyakan terlebih dahulu obat apa yang cocok, seperti yang mengandung zat bisacodyl.
  • Minum air yang cukup,  selanjutnya jika kamu merasakan sulit buang air besar, coba untuk minum air mineral yang cukup.
  • Makan makanan berserat, makanan berserat akan membantu kamu memudahkan buang air besar. Seperti buah, ayur, gandum, dan sereal.

Nah itulah beberapa penyebab tidak bisa buang air besar yang mungkin pernah kamu alami. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Namun jika merasakan sakit yang cukup serius ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading