Sukses

Health

Membungkus Maraton dengan Bentuk yang Unik, Planet Sport Ajak Masyarakat untuk Olahraga

Fimela.com, Jakarta Perusahaan ritel di bawah asuhan MAP, Planet Sport Asia mengumumkan akan mengadakan maraton yang akan diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD pada 10 Desember 2023. Berbeda dengan acara maraton pada umumnya, acara maraton yang bertajuk “Planet Sport Run” akan menggunakan sistem pengumpulan poin atau kejar poin. Dimana poin yang dikumpulkan bisa ditukarkan dalam bentuk running gear di seluruh gerai Planet Sport yang ada di Indonesia. 

Untuk mendapatkan poin-poin ini, para peserta diwajibkan untuk menyelesaikan segala rangkaian challenge persiapan maraton yang telah disiapkan oleh para panitia. Saat melakukan registrasi semua peserta dari setiap kategori juga akan mendapatkan poin, seperti peserta kategori 5K akan mendapatkan 50 poin, 10k akan mendapatkan 100 poin, sedangkan 21K akan mendapatkan 210 poin. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diingat saat mengumpulkan poin semua challenge akan dilakukan secara offline dan point tidak bisa dilakukan dengan sistem titip kuasa. 

Demi memperbesar kesempatan menang para pelari maraton umum dan profesional Indonesia, Planet Sport Asia membuat persyaratan dasar, yaitu semua peserta harus WNI atau WNA yang sudah memiliki izin tinggal di Indonesia. Sedangkan para pelari internasional dilarang untuk mengikuti perlombaan maraton ini. Bukan hanya itu kategori pemenang juga akan dipisahkan, pemenang umum pria dan wanita, serta pemenang kategori profesional pria dan wanita. Menambahkan, Planet Sport juga menekankan untuk para peserta wajib minimal berumur 18 tahun dan maksimum 70 tahun, serta harus bisa menjaga kesehatan fisik.

"Planet Sports Run bukanlah acara lari biasa, ini adalah sebuah langkah menuju hidup aktif dan sehat. Ini adalah tentang menjadikan olahraga, terutama lari, sebagai bagian yang menyenangkan dari kehidupan setiap orang. Baik Anda seorang pemula yang baru terjun ke dunia lari atau atlet profesional yang ingin meraih prestasi baru, sistem pengumpulan poin ini memungkinkan siapapun untuk mendapatkan perlengkapan lari terbaik," ujar Panji Cakrasantana, General Manager Marketing, MAP Active

 

 

Persiapan yang Penting Dipersiapkan Sebelum Maraton

Dalam acara peresmian Planet Sport Run yang diadakan di salah satu gerai Planet Sport tersebar di Indonesia yang berlokasikan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada 12 Oktober 2023, para panitia juga ada menjelaskan beberapa tips dan strategi persiapan maraton agar dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya permasalahan. 

Pertama adalah dalam permasalahan pemilihan sepatu lari, sebenarnya tidak ada persyaratan khusus tentang sepatu apa yang wajib dibeli karena setiap orang memiliki ukuran dan bentuk kaki yang berbeda-beda. Maka dari itu, Planet Sport Asia menyediakan fasilitas foot scanner. Fasilitas ini dimiliki agar dapat memudahkan para antusias maraton dapat menemukan sepatu yang tepat dalam menunjang kegiatan maraton. 

Dr. Aldico selaku spesialis Ortopedi dan Traumatologi juga merekomendasikan untuk para pelari umum untuk mengganti sepatu larinya per 1000 Km penggunaan maraton. Sedangkan salah satu atlet lari bernama Novia, mengungkapkan untuk profesional diwajibkan untuk mengganti sepatu setiap 8 bulan sekali. 

“Saya ganti sepatu setiap 8 bulan sekali karena dalam 1 minggu saya latihan 11 kali. Jika tidak diganti nanti akan lebih mudah terkena cedera,” ujar Novia.

Sedangkan untuk latihan maraton Dr. Aldico menyarankan untuk menggunakan sistem latihan 3 + 4 khususnya untuk para pelari maraton baru, seperti 3 hari latihan dan dan 4 hari istirahat dalam seminggu. Sedangkan untuk mencegah terjadinya cedera pada pergelangan kaki, dokter dan atlet maraton yang diundang menyarankan para peserta untuk istirahat yang cukup dan dan pada saat maraton jangan pernah melewati drink station. Menambahkan Dr. Aldico juga menyarankan untuk menerapkan RICE. “R” diartikan sebagai Rest, “I” diartikan sebagai ice, “C” diartikan sebagai Compress, dan “E” diartikan elevation, metode ini dilakukan agar cedera yang dialami peserta tidak memarah.

Untuk kalian pecinta maraton langsung saja daftarkan diri kalian untuk mengikuti perlombaan ini karena pemenang bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Slot untuk acara ini hanya disediakan sebanyak 3500 orang. Pendaftaran bisa dilakukan per Kamis, 12 Oktober 2023. Buruan daftarkan dirimu sebelum slotnya kehabisan di situs resmi Planet Sport Run (https://run.planetsports.asia/en). 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading