Sukses

Health

4 Jenis Buah yang Dapat Dikonsumsi untuk Menurunkan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja, tetapi lebih mudah untuk menyerang orang dewasa dengan usia sekitar di atas 30 tahun. Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam darah sehingga terjadi penumpukan kristal dan peradangan pada sendi. Akan terasa sensasi nyeri hingga pembengkakan pada bagian persendian, jika kadar asam urat telah meningkat. 

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, kondisi ini bisa terjadi pada sendi di bagian mana saja, mulai dari jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering pada jempol kaki. Asam urat akan diproduksi ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut sebagai purin. Purin adalah zat yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat juga ditemukan dalam beeberapa jenis makanan tertentu.

Dikutip dari Healthline, pada prosesnya, asam urat akan disaring melalui ginjal dan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Jika terlalu banyak purin atau tubuh tidak dapat membuang zat tersebut, maka asam urat bisa menumpuk di dalam darah sehingga terjadi pembengkakan. 

Penyakit ini dapat diatasi dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan bernutrisi. Bagi para penderita, dianjurkan untuk memilih makanan yang rendah purin. Oleh karena itu, buah-buahan dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. 

Berikut ini beberapa jenis buah yang bisa kamu konsumsi dilansir dari beberapa sumber : 

1. Buah Ceri

Tak hanya rasanya yang manis dan segar, buah ceri juga memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dikutip dari situs Healthline, dengan memakan buah ceri, kadar asam urat di tubuh akan menurun. Hal ini disebabkan karena buah ceri mengandung antosianin, salah satu senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat bersifat sebagai antioksidan. Antosianin juga merupakan pigmen yang berperan dalam memberikan warna merah alami pada buah ceri. 

Buah ceri termasuk ke dalam salah satu sumber vitamin C yang kaya akan serat. Buah ini diketahui dapat mencegah asam urat yang mengendap di persendian dan mengurangi peradangan. Tak hanya itu, kandungan di dalam buah ceri juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari segala penyakit.

2. Pisang

Pisang dapat dijadikan sebagai pilihan buah selanjutnya untuk penderita asam urat. Menurut situs Indian Express, pisang termasuk ke dalam buah yang rendah purin, tinggi kalium, dan mengandung vitamin C. Dengan mengonsumsi makanan renah purin, maka kamu juga dapat mencegah kadar asam urat agar tidak bertambah dalam jumlah yang banyak. Buah ini tidak menurunkan secara langsung kadar asam urat di dalam darah, tetapi dapat meningkatkan fungsi ginjal dan menjaga keseimbangan tubuh. 

3. Apel

Buah lainnya yang dapat dikonsumsi adalah buah apel. Buah ini mengandung banyak serat di dalamnya. Serat tersebut dapat menyerap asam urat dan mengurangi kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Vitamin C yang terdapat di dalam apel juga dapat berperan dalam mencegah dan mengobati asam urat. Buah ini rendah akan purin dan mengandung asam malat yang cenderung dapat menetralisir efek dari asam urat. 

4. Jeruk

Buah sitrus, seperti jeruk memiliki kandungan vitamin C dan asam sitrat yang dapat mengendalikan asam urat. Dilansir dari situs verywellhealth, vitamin C dapat berguna sebagai antioksidan sehingga memiliki peran yang potensial untuk menjaga kadar asam urat. Tak hanya itu, buah lainnya seperti lemon, buah kiwi, dan stroberi juga bisa dijadikan sebagai referensi karena banyaknya kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah tersebut. 

Setelah mengetahui beberapa pilihan buah di atas, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin atau mengolahnya sebagai salah satu usaha untuk dapat mengendalikan kadar asam urat yang ada di dalam tubuhmu. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading