Sukses

Health

7 Gejala Kolesterol Tinggi yang Mudah Dikenali, Penting Diwaspadai!

Fimela.com, Jakarta Sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar kolesterolnya tetap berada di angka normal. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Mengenai kolesterol tinggi, hal ini juga sangat mungkin terjadi pada orang-orang dengan usia yang masih sangat muda sepertimu Sahabat Fimela. Well, kita harus lebih waspada dan bijaksana menghadapinya. 

Kolesterol tinggi adalah kondisi saat kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Kolesterol adalah lemak yang penting bagi tubuh, tapi terlalu banyak kolesterol bisa menjadi masalah. Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan ketika tubuh memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Mengutip dari mayoclinic.com, inilah beberapa gejala tersebut.

Xanthelasma

Gejala ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik kuning di kelopak mata atau area sekitarnya. Tidak jarang, ini juga disertai dengan penglihatan yang kabur atau tidak nyaman saat melihat. 

 

Kulit Kering dan Gatal

Kolesterol berlebih bisa menyebabkan gatal dan kulit kering. Kulit tampak bersisik, tidak sehat dan kurang terawat. Meski kamu menggunakan lotion setiap hari, kamu tetap kurang bisa mendapatkan kulit yang tampak sehat dan menawan.

Nyeri Dada

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung. Ini bisa menyebabkan nyeri dada atau angina. Nyeri dada terjadi karena tersumbatnya arteri oleh lemak dalam darah. Akhirnya, oksigen dan aliran darah ke jantung tidak bekerja dengan baik. Ini yang kemudian menyebabkan nyeri dada.

Kelelahan dan Nyeri Kaki

Sering merasa lelah di usia muda bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Aliran darah yang tidak lancar akibat kolesterol tinggi, membuat seseorang rentan merasa lelah, lemas dan tak berdaya meski sudah memiliki istirahat cukup setiap harinya. Ini juga kerap ditandai dengan gejala terasa nyeri kaki. Kamu akan lebih mudah lelah, nyeri dan sakit pada kaki saat berjalan atau pun berdiri.

Kesemutan

Kurangnya aliran darah akibat plak kolesterol bisa menyebabkan kesemutan atau mati rasa. Apakah kamu sering kesemutan dan mati rasa pada anggota tubuh terutama kaki serta tangan? Jika iya, bisa jadi ini sebagai gejala awal dari kolesterol tinggi. Aliran darah yang tidak lancar menyebabkan anggota tubuh rentan mengalami kondisi ini.

Sulit Bernapas atau Sesak Napas

Pembuluh darah menuju paru-paru bisa tersumbat karena kolesterol tinggi. Hal ini akan menyebabkan sulitnya bernapas atau sesak napas. Sesak napas menjadi tanda awal kemunculan gangguan kardiovaskular. Termasuk tanda awal dari seperti serangan jantung, gagal jantung atau penyakit arteri perifer.

Serangan Jantung atau Stroke

Untuk kolesterol tinggi jangka panjang, ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Secara umum, kasus serangan jantung dan stroke besar dipengaruhi oleh kadar kolesterol yang terlalu tinggi hingga tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. 

Nah, itulah sekian gejala kolesterol tinggi yang mudah dikenal dan sangat penting untuk diwaspadai. Agar terhindar dari kolesterol tinggi, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat, imbangi dengan asupan nutrisi seimbang yang berfungsi sebagai penurun kolesterol serta miliki olahraga pun istirahat cukup setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading