Sukses

Health

5 Rumah Sakit yang Layani Vasektomi di Indonesia Beserta Harganya

Fimela.com, Jakarta Beberapa pasangan mungkin akan memilih untuk mensterilisasi pihak perempuan untuk mencegah kehamilan jika sudah merasa cukup dengan anak yang dimiliki dan sterilisasi ini nantinya akan berguna untuk mencegah kehamilan. Pencegahan kehamilan kini tak hanya dapat dilakukan dengan pensterilan dari pihak perempuan, tetapi juga bisa dari pria atau biasanya disebut dengan vasektomi

Dilansir dari plannedparenthood.org, vasektomi merupakan operasi sederhana untuk memotong atau menyumbat tabung kecil di skrotum yang berfungsi untuk membawa sperma dan dapat menyebabkan kehamilan. Prosedur dari vasektomi biasanya sangat cepat dan kamu dapat pulang di hari yang sama. Selain itu, vasektomi juga kini sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

Vasektomi sendiri dapat dilakukan dengan metode sayatan dan metode tanpa pisau bedah atau tanpa potongan. Metode tanpa pemotongan dapat menurunkan risiko infeksi dan komplikasi lainnya serta membutuhkan waktu lebih sedikit untuk sembuh. Vasektomi bersifat permanen sehingga tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang matang untuk melakukan vasektomi.

 

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Efek Samping Vasektomi

Walaupun vasektomi menjadi pencegahan kehamilan yang cukup efektif untuk saat ini, tetapi juga memiliki kelebihan dan kekurangan seoerti yang dilansir dari nhs.uk.

Kelebihannya:

  • Vasektomi lebih dari 99% efektif mencegah kehamilan.
  • Jarang terjadinya efek jangka panjang pada kesehatan.
  • Tidak mempengaruhi kadar hormon untuk dorongan seks.
  • Dapat menjadi pilihan alternatif yang lebih sederhana dan lebih aman.

Kekurangannya:

  • Vasektomi tidak dapat mudah dibatalkan.
  • Membutuhkan waktu untuk benar-benar membersihkan sperma dari air mani sehingga harus tetap menggunakan alat kontrasepsi setelah operasi sampai tes yang menunjukkan air mani bebas dari sperma.
  • Memungkinkan terjadinya komplikasi seperti kumpulan darah di dalam skrotum, benjolan keras atau granuloma sperma, infeksi, atau nyeri testis dalam jangka panjang. 
  • Tabung vas deferens dapat menyambung kembali, walaupun jarang terjadi.

Tak hanya memiliki kelebihan dan kekurangan, vasektomi juga memiliki beberapa efek samping seperti yang dilansir dari webmd.com. Setelah melakukan operasi vasektomi, mungkin kamu akan mengalami nyeri ringan yang bersamaan dengan pembengkakan di skrotum dan mungkin sedikit pendarahan. Setelah vasektomi juga dapat terjadinya komplikasi mungkin tidak umum terjadi, tetapi jika terjadi dapat berupa memar, peradangan, dan infeksi. Selain itu, vasektomi juga dapat menimbulkan beberapa masalah lainnya seperti:

  1. Sakit atau perasaan tertekan dan tidak nyaman pada testis.
  2. Granuloma sperma atau benjolan keras atau peradangan yang disebabkan oleh sperma yang bocor.
  3. Spermatocele atau kista dalam tabung yang mengumpulkan sperma.
  4. Hidrokel atau pembengkakan di skrotum yang diakibatkan oleh kantung cairan di sekitar testis.

Harga Vasektomi di Beberapa Rumah Sakit

Keefektifan vasektomi dalam pencegahan kehamilan mungkin dapat menjadi salah satu cara yang dipilih untuk kamu dan pasangan dalam mencegah kehamilan. Namun, mungkin kamu masih bingung kira-kira biaya yang perlu dikeluarkan untuk operasi tersebut seberapa besar. Oleh karena itu, berikut beberapa rekomendasi rumah sakit yang dapat kamu pilih beserta perkiraan harganya, dilansir dari beberapa sumber.

  1. Mayapada Hospital Kuningan yang menjadi salah satu penyedia layanan kesehatan yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan ini juga menyediakan layanan operasi vasektomi dengan biaya yang dimulai dari Rp9.896.000. 
  2. MRCCC Siloam Hospitals Semanggi yang menjadi rumah sakit swasta pertama di Indonesia khusus menangani pengobatan kanker dan telah beroperasi sejak tahun 2011 ini juga menyediakan layanan operasi vasektomi dengan biaya yang dimulai dari Rp15.000.000.
  3. Siloam Hospitals Asri. Berlokasi di daerah Pancoran, Jakarta Selatan, rumah sakit ini dikhususkan untuk merawat pasien dengan teknik dan teknologi inovatif yang juga menyediakan layanan operasi vasektomi dengan biaya mulai dari Rp11.200.000 hingga Rp15.530.000.
  4. Mayapada Hospital Jakarta Selatan. Rumah sakit yang beroperasi selama 24 jam dengan dukungan tim medis, non medis, peralatan bedah mutakhir, layanan darurat yang efisien, dan perawat yang berkualitas ini juga telah menyediakan layanan operasi vasektomi dengan biaya yang dimulai dari Rp14.090.000.
  5. Rumah Sakit Royal Progress. Rumah sakit swasta kelas B ini juga menyediakan layanan vasektomi dengan biaya mulai dari Rp11.150.000 dan Rp22.100.000.

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading