Sukses

Health

Jangan Sepelekan, Ini 5 Kebiasaan Buruk Saat Olahraga yang dapat Memperburuk Kondisi Tubuh

Fimela.com, Jakarta Mempertahankan gaya hidup sehat dengan olahraga penting dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Penelitian menunjukkan rutin olahraga berdampak signifikan pada peningkatan imun tubuh dan penurunan risiko depresi.

Olahraga memang baik dan menyehatkan, namun harus tetap memperhatikan kebiasaan saat olahraga. Melansir dari Eat This Not That banyak orang berolahraga dengan asal-asalan sehingga manfaat dari aktivitas fisik ini tidak dapat dirasakan, malah memberi efek buruk. Perhatikan kebiasaan di bawah ini dan hindari untuk melakukannya selama olahraga.

1. Olahraga Tanpa Istirahat

Olahraga berat tanpa diimbangi dengan istirahat dapat menyebabkan cedera, kelelahan, masalah kesehatan, dan lain sebagainya. Terkadang saat sedang bersemangat untuk olahraga membuat seseorang lupa untuk beristirahat. Apalagi bila olahraga dilakukan untuk mencapai suatu target, kebiasaan untuk memaksa diri jadi berdampak buruk. Olahraga yang baik adalah olahraga yang diimbangi dengan istirahat cukup.

2. Olahraga yang Sama Sepanjang Waktu

Bukan rahasia bahwa mengulangi latihan atau rutinitas latihan yang sama setiap hari dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot dan rasa bosan. Cara terbaik untuk menjaga keseimbangan otot adalah dengan variasikan olahraga atau mengubah rutinitas latihan setiap minggu.

3. Kurang Asupan Nutrisi

Rutinitas olahraga harus diimbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Pola makan buruk hanya akan membuat olahraga menjadi sia-sia dan menimbulkan berbagai penyakit. Konsumsilah sayur, buah, dan makanan lemak sehat yang mengandung protein, karbohidrat, dan serat.

4. Tidak Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Penelitian menunjukkan bahwa melewatkan pemanasan atau pendinginan dapat meningkatkan risiko cedera dan memperlambat waktu pemulihan. Untuk itu, luangkan beberapa menit sebelum dan sesudah olahraga untuk melakukan peregangan demi mempersiapkan tubuh sebelum berolahraga. Pendinginan akan membantu tubuh pulih lebih cepat setelah olahraga dengan menurunkan detak jantung. Selain itu, pendinginan juga membantu mengalirkan darah ke otot yang tegang selama olahraga.

5. Kurang Tidur

Tidur selalu menjadi bagian penting dari setiap aktivitas, termasuk olahraga. Membangun tidur berkualitas dengan waktu cukup membantu mengoptimalkan tubuh agar siap berolahraga. Tidur berkaitan dengan pemulihan tubuh sehingga tidur cukup bersamaan dengan kebiasaan olahraga sangatlah penting.

Manfaat dari olahraga akan lebih optimal bila diimbangi dengan istirahat dan konsumsi makanan bergizi. Jangan lupa untuk lakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading