Sukses

Health

Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Banyak orang beranggapan kalau Buang Air Besar (BAB) itu harus dilakukan setiap hari. Hal tersebut didasarkan pada anggapan bahwa BAB setiap hari artinya membuang racun-racun dalam tubuh setiap hari. Namun sebenarnya tidak begitu.

Frekuensi BAB setiap orang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada pola makan dan aktivitas yang dilakukan. Menurut berbagai penelitian, tidak ada ketentuan baku bahwa BAB harus dilakukan setiap hari. Namun para ahli kesehatan sepakat kalau frekuensi BAB yang normal adalah tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu.

Namun bagaimana jika frekuensi BAB lebih sedikit daripada biasanya? BAB jadi tidak lancar seperti biasanya. Ternyata ada beberapa penyebab BAB jadi tidak lancar. Berikut penyebab BAB tidak lancar serta cara mengatasinya.

1. Asupan Serat Tidak Terpenuhi

Sepertinya penyebab yang satu ini cukup umum dan sudah diketahui banyak orang ya. Penyebab BAB tidak lancar adalah karena asupan seratmu tidak terpenuhi. Artinya, sebenarnya kamu kurang mengonsumsi makanan berserat. Oleh karena itu, cobalah tambahkan porsi makanan berserat dalam menu makananmu agar BABmu lancar kembali.

2. Kurang Olahraga

Olahraga dapat merangsang gerak peristaltik di usus. Saat malas berolahraga, gerak peristaltik akan melemah sehingga membuat feses berada lebih lama di usus besar. Lamanya gerak peristaltik ini yang menyebabkan feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

3. Terlalu Lama Menahan BAB

Terlalu lama menahan keinginan untuk BAB juga bisa menjadi penyebab buang air besar tidak lancar. Semakin lama kamu menunda BAB, semakin mengering dan mengeras feses yang sudah berada di usus, hingga akhirnya sulit untuk dikeluarkan.

4. Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Penyebab buang air besar tidak lancar lainnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang diketahui dapat menyebabkan buang air besar tidak lancar adalah obat diuretik, antasida, antidepresan, antikejang, antihipertensi, dan suplemen zat besi. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi obat pencahar juga bisa membuat Anda kesulitan untuk buang air besar.

5. Kondisi Medis Tertentu

Buang air besar tidak lancar juga bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu, seperti irritable bowl syndrome (IBS), penyakit Celiac, polip usus, diabetes, hipotirodisme, hiperkalsemia, kanker usus besar, penyakit Parkinson, dan multiple sclerosis.

Cara Mengatasi BAB Tidak Lancar

1. Memenuhi kebutuhan serat

Serat memainkan peran penting dalam memperlancar pencernaan, termasuk mencegah terjadinya buang air besar tidak lancar. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari.

Pria idealnya mengonsumsi 30–37 gram serat setiap hari, sementara wanita mengonsumsi sekitar 22–32 gram serat per hari. Beberapa pilihan makanan yang tinggi akan kandungan serat adalah:

  • Buah-buahan, seperti apel, jeruk, pir, stroberi, dan pisang
  • Sayuran, seperti brokoli, kubis, jagung, dan wortel
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan

2. Banyak minum air

Selain memenuhi kebutuhan serat, kamu juga harus banyak mengonsumsi air untuk mengatasi BAB tidak lancar. Pastikan kamu mengonsumsi air minimal 8 gelas sehari. Selain itu, hindari minuman berkafein dan beralkohol karena bisa menyebabkan dehidrasi.

3. Tidak menunda ke toilet

Jika keinginan untuk BAB telah muncul, kamu harus bergegas ke toilet. Hindari menahan atau menunda BAB karena akan menyebabkan buang air besar tidak lancar.

4. Rutin berolahraga

Selain beberapa cara di atas, berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari juga dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi buang air besar tidak lancar.

Rutin berolahraga dapat mempersingkat waktu feses melewati usus besar, sehingga penyerapan air yang ada di dalam feses tidak terjadi secara berlebih. Dengan demikian, feses lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu menstimulasi gerak peristaltik di usus agar makanan dapat diproses dengan lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading