Sukses

Health

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Buah bit adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi, seperti protein, serat, antioksidan, dan vitamin. Biasanya sih, buah ini dijadikan pewarna alami karena memiliki warna merah keunguan yang cantik. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mencoba dan tidak tahu akan manfaat yang diberikan oleh buah satu ini.

Merangkum dari berbagai sumber, kali ini Fimela akan memberikan beberapa manfaat dari buah bit bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Berat Badan

Buah bit adalah salah satu buah yang kaya akan serat. Kandungan serat dalam buah bit membantu proses pelancara sistem pencernaan. Hal ini memudahkan proses buang air besar agar tidak terjadi sembelit ataupun infeksi pencernaan. Tidak hanya itu, buah bit juga membantu melancarkan proses detoks lemak pada tubuh sehingga buah ini cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. 

2. Mencegah Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit fatal yang menjadi mimpi buruk bagi seluruh banyak orang. Jangan khawatir, karena kandungan antioksidan pada buah bit dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Ekstrak pada buah bit dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada manusia.

3. Mengatur Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat menimbulkan banyak penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung ataupun stroke. Agar dijauhi dari penyakit tersebut, penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Nah, buah bit adalah solusinya. Kandungan nitrat yang ada pada buah bit dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Kandungan pigmen merah dan antioksidan pada buah bit juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung, loh. 

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Ada banyak cara untuk menghindari diabetes, salah satunya adalah mengonsumsi buah bit. Buah satu ini memiliki kandungan antioksidan yang efektif untuk menurunkan kadar gula darah dan mencegah kerusakan sel pada pengidap diabetes. Selain itu buah bit dapat membantu pengidap obesitas untuk mengatur kadar gula darahnya.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dibutuhkan oleh tubuh karena dapat mencegah anemia. Hal ini dikarenakan zat besi pada sel darah merah berperan mengangkut oksigev ke seluruh tubuh. Jika terkena anemia, maka tubuh akan terasa lemas, pusing, dan detak jantung yang meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan untuk mengonsumsi buah bit karena buah bit kaya akan zat besi. 

Itu dia beberapa manfaat dari buah bit yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Sahabat Fimela tidak ingin memakan buahnya secara langsung, kamu tetap bisa memperoleh manfaatnya dengan mengolah buah ini menjadi makanan atau minuman. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan, ya. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading