Sukses

Health

5 Penyebab Tubuh Panas tapi Tidak Demam yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Demam adalah kondisi yang cukup umum dialami oleh kebanyakan orang. Umumnya kondisi ini disertai dengan beberapa gejala, seperti flu, batuk hingga tubuh yang terasa panas. Namun pernahkah kamu mengalami tubuh terasa panas padahal tidak demam?

Tubuh yang terasa panas memang salah satu gejala utama dari demam. Oleh karena itu, banyak orang yang mengira kalau suhu tubuh yang tinggi dan terasa panas itu pasti demam. Padahal terkadang tubuh yang terasa panas ini tidak selalu karena demam.

Ada beberapa kondisi yang membuat tubuhmu jadi terasa panas meskipun kamu tidak demam. Apa saja penyebab tubuh panas padahal tidak demam? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Olahraga

Olahraga berlebihan dapat menyebabkan suhu badan panas, terutama kalau kamu tidak terbiasa berolahraga, cuaca sedang panas, atau terlalu memaksakan diri untuk berolahraga.

Segeralah berhenti olahraga kalau kamu merasa sangat lelah atau merasa seperti hampir pingsan. Selain itu, hindarilah berolahraga saat cuaca sedang panas-panasnya.

2. Makanan dan minuman

Beberapa makanan dan minuman dapat membuat badan terasa panas tapi tidak demam, misalnya alkohol, kafein (teh atau kopi), makanan pedas, atau makanan dan minuman lain yang bersuhu sangat panas. Tubuh dianggap bisa terasa panas atau lebih berkeringat saat sedang mengonsumsi makanan dan minuman di atas.

3. Diabetes

Menurut Federasi Diabetes Internasional, para penderita diabetes akan lebih sensitif terhadap cuaca panas dibandingkan orang pada umumnya. Hal ini terjadi akibat dua alasan:

  • Pasien diabetes akan mengalami dehidrasi lebih cepat saat berada di cuaca panas
  • Komplikasi diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf sehingga membuat kelenjar keringat tak berfungsi dengan baik

.Diabetes harus ditangani oleh dokter agar gejalanya dapat dikontrol sehingga tak mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Obat-obatan

Terdapat obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan badan panas tapi tidak demam. Menurut International Hyperhidrosis Society, berikut ini adalah obat-obatan yang dimaksud:

  • Analgesik, seperti tramadol dan naproxen
  • Obat kardiovaskular, seperti amlodipin dan losartan
  • Obat hormonal, seperti testosteron
  • Obat gastrointestinal, seperti omeprazole dan atropine
  • Obat kulit, seperti lidocaine dan isotretinoin
  • Obat psikiatrik, seperti fluoxetine
  • Beberapa obat-obatan antibiotik dan antivirus.

Jika obat-obatan di atas menyebabkan badan panas tapi tidak demam, konsultasikan pada dokter untuk mencari pengobatan lain yang tidak menimbulkan efek samping.

5. Usia tua

Orang lanjut usia (lansia) yang berusia 65 tahun ke atas akan merasakan sensasi panas yang berbeda dibandingkan anak muda. Sebab, tubuh lansia tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca yang cepat seperti anak muda. Itu artinya, cuaca panas akan lebih terasa pada kulit lansia.

Itulah beberapa penyebab tubuh panas padahal tidak sedang demam. Semoga artikel ini bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading