Sukses

Health

Kapan Batuk pada Anak Harus Dibawa ke Dokter? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Batuk dan pilek menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum menimpa siapa saja termasuk anak-anak. Pasalnya, masalah kesehatan ini bisa sembuh dengan sendirinya melalui istirahat cukup dan nutrisi tubuh yang cukup. 

Meski begitu, batuk pada anak-anak sering menjadi kekhawatiran tersendiri buat setiap orang tua. Apalagi saat ini batuk pada anak juga dikaitkan dengan masalah kesehatan lain seperti Covid19, atau bahkan yang terbaru masalah gagal ginjal akut anak. 

Penanganan batuk di rumah pada dasarnya memang bisa dilakukan. Tapi, kondisi ini harus lebih diwaspadai apalagi jika terjadi secara terus-menerus dan ditandai beberapa gejala lain. Mengutip dari laman parents.com, ada kondisi di mana batuk tersebut harus segera diperiksakan ke dokter. Inilah sekian kondisi yang mengharuskan Mom membawa anak berobat ke dokter saat batuk.

Demam Tinggi

Ketika anak batuk disertai demam tinggi, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan anak ke dokter atau ahlinya. Dikhawatirkan hal ini sebagai gejala dari masalah kesehatan lain yang cukup berbahaya buat kesehatan bahkan keselamatan anak. 

Kesulitan Bernafas

Jangan tunggu lama untuk membawa anak ke dokter saat batuk disertai kesulitan bernafas. Batuk yang disertai kesulitan bernafas adalah kondisi di mana anak mengalami masalah pada saluran pernafasan. Jika hal ini tidak ditangani dengan segera, ini bisa mengancam jiwa anak. 

Nyeri Dada

Batuk yang disertai dengan nyeri dada juga penting untuk segera di bawa ke dokter. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait masalah kesehatan yang dialami anak ini. Semakin cepat masalah kesehatan anak terdeteksi, semakin cepat penanganan terbaik bisa diberikan untuknya.

Kesulitan Makan

Anak yang kesulitan makan atau tidak mau makan saat batuk juga perlu diperiksakan ke dokter. Dikhawatirkan hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya. Anak yang tidak mau makan selama batuk juga rentan mengalami kekurangan nutrisi.

Batuk Darah dan Muntah

Batuk yang disertai dengan dahak darah atau muntah juga perlu penanganan lebih baik. Ketika anak mengalami kondisi ini, jangan tunggu lama agar ia segera dibawa ke dokter. Segara cari tahu penyebabnya agar bisa segera ditangani atau diobati. 

Itulah sekian kondisi batuk pada anak yang sebaiknya harus segera dibawa ke dokter. Jangan tunggu lama untuk memeriksakan kondisi kesehatan anak saat ia sakit. Semoga informasi ini bermanfaat dan mari hidup lebih sehat sehingga kita sendiri pun keluarga juga lebih sehat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading