Sukses

Health

6 Penyebab Dada Terasa Panas yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami rasa terbakar dan menyakitkan pada area dada? Rasa sakir, terbakar, hingga sesasi tidak nyaman lainnya pada dada sering terjadi pada kebanyakan orang. Terkadang masalah satu ini dapat mengancam jiwa seseorang lho.

Seringkali dada yyang terasa sangat panas dapat disebabkan oleh masalah jantung, asma, hingga magh. Dada yang terasa panas atau terbakar terkadang sangat menakutkan, terutama bagi mereka yang mengalami serangan jantung.

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah nyeri dada. Nah, untuk itu sangat penting jika mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan dada terasa panas seperti di bawah ini:

1. Dada Perih

Gejala mulas dan serangan jantung terkadang dapat terjadi oleh siapa saja, hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di area dada. Rasa terbakar terkadang sering terjadi setelah makan atau di malam hari dan dapat memburuk jika berbaring atau membungkuk.

2. GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam merupakan asam yang secara teratur mundur ddari perut ke kerongkongan. Ketika seseorang mendertita GERD biasanya mereka akan merasakan gejala refluks asam lainnya selama beberapa hari, berikut beberapa gejala lainnya yang dapat termasuk:

  • Kesulitan menelan.
  • Suara serak.
  • Batuk.
  • Asma.
  • Susah tidur.

3. Sakit Magh

Magh merupakan luka yang terbuka di area perut, hal ini juga disebabkan oleh asam yang menipis pada lapisan perut. Selain itu magh juga dapat disebabkan oleh bakteri H. Pylori dan penggunaan obat pereda nyeri yang dijual bebas secara berlebihan. Seseorang yang memiliki magh biasanya akan bertambah buruk di malam hari atau setelah makan.

4. Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi yang membuat paru-paru teriri udara atau nanah, selain itu bakteri, virus, atau jamur dapat menyebabkan seseorang mengalami pneumonia. Nyeri dada akibat pneumonia juga dapat dimulai saat kamu mengalami batuk. Berikut beberapa gejala lainnya:

  • Batuk.
  • Demam.
  • Panas dingin.
  • Kelelahan.
  • Mual dan muntah.

5. Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakana salah satu jenis penyakit mental yang terjadi pada kebanyakan orang, gejala dari serangan kecemasan sendiri ternyata tidak jauh berbeda dari serangan jantung. Nyeri dada, jantung berbedar, pusing, dan berkeringat dapat menandakan kondisi satu ini.

6. Asma

Seseorang yang menderita asma biasanya akan mengalami saluran udara di paru-paru yang menyempit, selain itu penyempitan satu ini ternyata dapat mencegah cukup oksigen yang masuk ke dalam paru-paru ke seluruh tubuh. Ketika kamu mengalami serangan asma mungkin akan merasa sesak napas atau kesulitan untuk bernapas.

Pilihan untuk pengobatan nyeri dada atau terasa panas pada bagian dada sendiri ternyata tergantung dari penyebabnya. Untuk itu, jika kamu merasakan gejala lainnya ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading