Sukses

Health

7 Penyebab Air Ketuban Keruh yang Berbahaya untuk Janin

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami masa kehamilan, mom harus selalu menjaga pola hidup dengan sehat. Janin yang ada di dalam kandungan dilindungi oleh air ketuban. Air ketuban yang keruh akan berbahaya untuk kondisi janin.

Air ketuban yang normal berwarna bening dan sedikit kekuningan. Air ketuban memiliki fungsi untuk membantu tumbuh kembang janin, menjaga janin saat bergerak, membuat suhu rahim hangat, dan melindungi janin dari infeksi. Waspadai air ketuban yang berubah warna menjadi hijau dan kuning keruh, karena akan berbahaya untuk keselamatan janin.

Janin yang menelan air ketuban keruh dapat mengalami infeksi hingga kematian. Penyebab air ketuban keruh ini harus diwaspadai. Cek penyebabnya berikut ini:

Penyebab Air Ketuban Keruh

1. Usia Kehamilan

Sahabat Fimela perlu mengetahui berapa lama usia kehamilan. Karena usia kehamilan yang terlalu lama akan mempengaruhi kondisi air ketuban. Selain air ketuban menjadi keruh, air ketuban juga bisa berkurang fungsinya dalam menjaga janin di dalam kandungan.

2. Chorioamnionitis

Plasenta yang terinfeksi oleh bakteri akan menjadi penyebab air ketuban keruh. Kondisi ini sidebut dengan chorioamnionitis. Infeksi ini akan membuat air ketuban menjadi sangat keruh dan berbau busuk. Bahkan ibu hamil mengalami demam tinggi. Jika mengalami hal ini, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Mengonsumsi Makanan yang Belum Matang

Hindari mengonsumsi makanan yang belum matang pada saat hamil, seperti sashimi. Ada banyak bakteri yang menempel pada makanan setengah matang, sehingga tidak baik dikonsumsi ibu hamil dan mempengaruhi kondisi air ketuban. Perhatikan tingkat kematangan pada makanan sebelum dikonsumsi.

 

Penyebab Air Ketuban Keruh yang Selanjutnya

4. Mekonium

Tak hanya ibu hamil saja yang bisa stres. Janin di dalam kandungan juga bisa mengalami stres. Hal ini akan menyebabkan mekonium, yaitu janin dapat mengeluarkan kotoran setelah pencernaan berkembang sempurna. Mekonium akan membuat air ketuban menjadi keruh, hingga menghambat saluran pernapasan pada bayi.

5. Mengonsumsi Gorengan

Air ketuban keruh bisa disebabkan karena ibu hamil sering mengonsumsi gorengan. Kandung minyak jenuh di dalam gorengan bisa meningkatkan kadar kolesterol pada ibu hamil. Selain bisa menyebabkan air ketuban keruh, minyak jenuh juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan hipertensi yang berbahaya untuk ibu hamil.

Penyebab Air Ketuban Keruh yang Terakhir

6. Penggunaan Alkohol

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena kadar gula tinggi yang tidak baik untuk kesehatan, sehingga membuat air ketuban menjadi keruh, menyebabkan kerusakan otak pada janin, hingga menyebabkan keguguran. Bahkan produk-produk yang mengandung alkohol, tidak boleh digunakan oleh ibu hamil.

7. Sayuran dan Buah yang Tidak Dicuci Bersih

Sebaiknya cuci sayuran dan buah sampai benar-benar bersih. Walaupun memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, tetapi sayuran dan buah yang tidak dicuci bersih memiliki kandungan peptisida. Akan sangat berbahaya jika ibu hamil mengkonsumsi peptisida, sehingga menyebabkan air ketuban keruh, mual-mual hingga gangguan sistem pencernaan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading