Sukses

Health

4 Penyebab Tubuh Gatal-Gatal yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu pernag mengalami rasa gatal yang bikin tak nyaman sehingga mengharuskan untuk digaruk, tentu sangat sulit untuk menentukan apa yang menyebabkan tubuh merasa sangat gatal.

Gatal di bagian tubuh tentu dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang mendasarinya, bisa jadi pakaian yang dikenakan. Akan tetapi, terkadang gatal dapat menjadi salah satu masalah yang serius, seperti ruam maupun penyakit.

Kulit gatal atau dikenal sebagai pruritus merupakan sensasi iritasi yang tak terkendali dan membuat seseorang ingin terus menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Berikut beberapa penyebab tubuh terasa sangat gatal yang kerap terjadi:

1. Serangga

Ketika digigit serangga terutama nyamuk, terkadang akan menimbulkan ruam merah pada kulit. Kutu maupun nyamuk terkadang dapat menyebaban sensasi di bagian kulit maupun area rambut menjadi sangat gatal dan tak nyaman.

2. Eksim atau Dermatitis Atopik

Eksim maupun dermatitis otopik sendiri sendiri sering muncul sebagai bercak kering yang berisik atau ruam. Tidak diketahui penyebabnya akan tetapi terkadang hal ini sangatlah gatal. Alergi makanan dapat memperburuk eksim ketika menggaruk.

3. Dermatitis Kontak

Ruam gatal satu ini sering disebabkan oleh reaksi terhadap sesuatu yang dapat menyentuh bagian kulit. Logam, perhiasan, bahan kimia dalam kosmetik, perlengkapan mandi, maupun produk pembersih lainnya dapat menyebabkan dermatitis kontak. Berhentilah menggunakan beberapa produk yang justru dapat memperburuk dermatitis.

4. Psoriasis

Psoriasis terkadang dapat membuat tubuh memproduksi sel-sel kulit secara berlebihan dan menumpuk adanya bercak yang gatal dan terkadang dapat meradang di permukaan kulit.

Nah, itulah beberapa penyebab tubuh terasa sangat gatal yang bikin tak nyaman dan kerap terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading