Sukses

Health

Apa Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Pernah mendengar nama jeruk purut? Ternyata jeruk purut seringkali digunakan sebagai penambah rasa makanan atau mungkin dikonsumsi pribadi. Selain itu daun jeruk purut sendiri juga terkenal di kawasan Aisa Tenggara akan menfaat yang luar biasa.

Jeruk purut sendiri nama umum dari “Citrus Hystrix” salah satu buah tropis yang berasal dari belahan Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Filipina. Jeruk purut dikenal sebagai pengobatan hermal yang memiliki kandungan senyawa organic tinggi dan bermanfaat pada sistem tubuh.

Manfaat kesehatan dari jeruk purut sendiri termasuk kemampuan untuk meningkatkan kesehatan mulut, detoksifikasi darah, meningkatkan kesehatan kulit, dan masih banyak lainnya. Ini dia manfaat dari jeruk purut yang baik untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ternyata salah satu manfaat dari jeruk purut adalah meningkatkan perlindungan kesehatan mulut, tak hanya jeruknya saja yang dapat dimanfaatkan bagian kulit dan daunnya dapat memberikan efek yang sama. Daunnya dapat kamu oleskan ke gusi untuk meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri yang berbahaya pada mulut.

2. Menghilangkan Stres

Salah satu alasan mengapa daun jeruk purut digunakan karena memiliki aroma yang sangat kuat, selain itu minyak jeruk purut juga digunakan sebagai aromaterapi untuk mengurangi stress, kecemasan, dan kelelahan. Menghirup minyak jeruk purut dapat meningkatkan pikiran dan menghilangkan stress.

3. Mendetoksifikasi Darah

Minyak jeruk purut juga dapat dicampur sebagai ramuan untuk mereka yang menderita penyakit yang ditularkan melalui darah atau beberapa penyakit kronis yang berhubungan dengan darah. Selain itu campuran satu ini dapat menghilangkan pathogen atau beberapa virus lain dalam darah, yang memungkinkan dapat membantu hati dan sistem tubuh untuk meningkatkan kesehatan.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Ada beberapa komponen yang ditemukan dalam jeruk purut, salah satunya yang dapat bersifat anti-inflamasi dan dapat merangsang sistem pencernaan. Jika kamu menderita sembelit atau gangguan pencernaan, cobalah untuk merebus jeruk purut karena dapat menghilangkan gejala dan mungkin akan membuat usus menjadi normal.

5. Mendapatkan Kulit Sehat dan Bercahaya

Minyak atsiri dari jeruk purut sendiri juga dapat membunuh propionibacterium acnes, bakteri yang dapat dilihat pada jerawat. Minyak satu ini juga dapat mengurangi pembentukan jerawat yang berkembang dan memberikan bekas luka. Selain itu dalam jeruk purut juga dapat memberikan efek penuaan pada kulit dan mempertahankan kecerahan yang sehat.

6. Meringankan Peradangan

Bagi kamu yang menderita rematik, radang sendi, asam urat, dan beberapa kondisi peradangan lainnya. Ternyata jeruk purut dapat menjadi salah satu obat yang efektif, mengkonsumsi buah atau jus serta menambahkan jeruk purut sendiri, ternyata dapat bermanfaat untuk sakit kepala dan migrain karena memiliki efek anti-inflamasi.

7. Meningkatkan Imunitas

Salah satu manfaat dari jeruk purut adalah antibakteri dan antioksidan yang dapat membuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu jeruk purut juga dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit gastrointestinal dan dapat merangsang sistem kekebalan melalui efek antioksidan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat kamu temukan dari jeruk purut. Selain dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan, jeruk purut dapat dijadikan penambah rasa makanan agar tembah gurih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading