Sukses

Health

7 Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi, Cari Tahu Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Asam urat adalah penyakit yang sering menyerang lelaki maupun perempuan berusia 30tahun keatas. Gejala asam urat dapat dirasakan selama kurang lebih 3 hingga 10 hari, yang mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat penderitanya merasa nyeri. Sedangkan kolesterol adalah penyakit yang menyebabkan gagal jantung.

Nyeri yang dirasakan penderita asam urat biasanya disebabkan karena adanya pembengkakan di area sendi, yaitu sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Pada sebagian orang, asam urat juga bisa menyebabkan penderitanya susah jalan di malam hari. Gejala ini hampir sama dan dialami oleh penderita kolesterol tinggi.

Asam urat dapat disebabkan karena berbagai macam faktor yang jarang disadari, seperti pola makan yang kurang sehat. Untuk mencegah terjadinya asam urat, yuk waspadai penyebab asam urat dan kolesterol tinggi berikut ini, dan ketahui cara mengatasinya dengan mudah:

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

1. Ada Riwayat Penyakit

Penyebab asam urat dan kolesterol tinggi yang pertama adalah karena memiliki riwayat penyakit. Penyakit yang dialami seperti penyakit gagal ginjal, diabetes, psoriasis arthritis, sleep apnea, penyakit jantung, hipotiroidisme, hipertensi, dan kanker. Penyakit ini menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh lebih tinggi, karena ginjal tidak dapat menyaring asam urat dengan benar.

2. Obesitas

Obesitas bisa menyebabkan penyakit asam urat dan kolesterol. Karena saat seseorang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin dan lemak jahat. Sehingga meningkatkan asam urat dan kolesterol di dalam tubuh, kemudian asam urat itu mengkristal di area persendian, dan kolesterol menghambat kelancaran aliran darah.

3. Dehidrasi

Waspadai kondisi tubuhmu agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena dehidrasi bisa membahayakan tubuh dan menyebabkan asam urat maupun kolesterol. Dengan mencukupi kebutuhan cairanmu, maka cairan bisa membantu melancarkan pembuangan asam urat dan kolesterol melalui urine.

4. Jarang Berolahraga

Penyebab asam urat dan kolesterol yang selanjutnya, yaitu karena jarang melakukan olahraga. Olahraga memiliki manfaat untuk mengontrol kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh, membantu menguatkan persendian, mengontrol berat badan menjadi ideal, dan melancarkan sistem peredaran darah. Jika jarang berolahraga, maka kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh akan meningkat.

 

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

5. Terjadi Cedera di Persendian

Asam urat dapat disebabkan karena adanya cedera di area persendian, akibat pernah terjatuh, mengalami patah tulang atau pasca operasi. Cedera persendian ini bisa membuat area sendi menjadi sangat nyeri, dan terjadi serangan asam urat yang berbentuk kristal.

6. Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Purin

Asam urat dan kolesterol dapat meningkat di dalam tubuh, kalau kamu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin. Tingginya kandungan purin ini dapat mempercepat pengkristalan asam urat di area persendian, dan meningkatkan kolesterol jahat. Untuk itu hindari makanan dan minuman yang tinggi purin seperti alkohol, gula tambahan, bayam, asparagus, daging merah, dan makanan laut.

7. Faktor Usia dan Keturunan

Penyebab asam urat dan kolesterol yang terakhir yaitu karena faktor usia dan keturunan. Biasanya asam urat dan kolesterol akan menyerang seseorang mulai usia 30tahun hingga 50tahunan. Karena saat usia bertambah, kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh akan semakin meningkat. Asam urat dan kolesterol ini lebih rentan dialami laki-laki daripada perempuan. Namun jika asam urat dan kolesterol ini disebabkan karena keturunan, sebaiknya rutinlah cek kesehatan untuk megontrol kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh.

Cara Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol

Kandungan asam urat dan kolesterol di dalam tubuh dapat dikontrol dengan baik, agar terhindar dari penyakit asam urat yang menyerang area persendian. Penyakit asam urat dan kolesterol ini dapat diatasi dengan cara yang mudah, yaitu mulai dari merubah pola hidup menjadi lebih baik.

Untuk mengatasi asam urat dan kolesterol, lakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin, untuk menguatkan otot dan persendian, serta menurunkan berat badan untuk mencegah obesitas. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang rendah purin, agar kandungan asam urat dan kolesterol di dalam tubuh tidak meningkat.

Kamu juga bisa mengatasi asam urat dan kolesterol dengan mengonsumsi air putih secara rutin, untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air. Jika asam urat dan kolesterol semakin memburuk, segera konsultasikan pada dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading