Sukses

Health

Temuan Studi Terbaru: Suplemen Zinc Bisa Bantu Lawan Pilek dan Flu

Fimela.com, Jakarta Menurut penelitian terbaru, mengonsumsi suplemen zinc bisa membantu mencegah gejala pilek dan flu. Penelitian ini dipublikasikan dalam akses terbuka British Medical Journal, BMJ Open yang mengatakan bahwa zinc bisa membantu melawan gejala umum infeksi saluran pernapasan.

Gejalanya seperti pilek, batuk, dan sakit tenggorokan. Jika pun kamu sakit pilek atau flu, asupan zinc yang cukup bisa mempendek usia penyakit.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa penggunaan zinc untuk pengobatan, ditemukan bisa memperpendek durasi gejala dan mengurangi keparahan gejala di hari ketiga. Tinjauan ini dilakukan oleh para peneliti di Western Sydney University, yang mengamati 28 uji klinis, melibatkan 5.446 orang dewasa, seperti dilansir dari independent.co.uk.

Rata-rata orang yang mengonsumsi suplemen zinc bisa sembuh 2 hari lebih awal, daripada mereka yang menggunakan plasebo. Ada hampir 19% orang dewasa cenderung terus mengalami gejala pilek dan flu 7 hari setelah penyakit dimulai, jika mereka tidak mengonsumsi zinc.

 

Manfaat mengonsumsi suplemen zinc

Zinc adalah alternatif alami yang layak untuk mengelola penyakit pernapasan di rumah, tapi dosis yang tepat masih belum jelas secara ilmiah. Dokter biasanya akan memberikan zinc sebagai pilihan manajemen untuk pasien yang sangat membutuhkan waktu pemulihan yang lebih cepat dan mungkin tidak memerlukan resep antibiotik.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada uji coba yang melihat penggunaan zinc sebagai pencegahan terhadap COVID-19. Zinc membantu tubuh membuat sel dan enzim baru, menyembuhkan luka dan memproses karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan.

Makanan tinggi zinc adalah daging, kerang, produk susu seperti keju, roti, dan beberapa produk sereal berbasis gandum. Ingat juga untuk tidak mengonsumsi zinc secara berlebihan, karena dapat mengurangi jumlah tembaga yang bisa diserap tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan anemia dan melemahnya tulang.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading