Sukses

Health

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Marah

Fimela.com, Jakarta Kita semua pernah mengalami rasa marah. Marah adalah emosi yang rumit yang dipicu oleh perasaan lainnya, seperti kesedihan, kekecewaan atau rasa tidak nyaman. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata marah tidak hanya berkaitan dengan emosi seseorang namun juga berdampak pada kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Medical News Today, Rabu (29/9/2021) inilah hal yang akan terjadi pada tubuh saat marah.

1. Wajah memerah dan napas tidak terkendali

Saat marah, detak jantungmu akan meningkat dan memompa darah secara maksimal ke kepala, itulah yang membuat wajah jadi memerah. Selain itu, napasmu juga jadi tak beraturan dan meledak-ledak.

2. Darah mengalir ke otak

Saat kita marah, darah akan langsung mengalir ke frontal cortex yang berperan sebagai pusat kognitif. Hal ini bisa mengurangi kemampuan berpikir secara rasional. Saat marah, kita jadi bertindak tidak rasional dan akhirnya menyesal. Kalau kamu marah, sebaiknya hitung dari satu sampai sepuluh sebelum bertindak, karena kemampuan otak untuk berpikir rasional sedang tidak optimal.

 

3. Tekanan darah meningkat

Saat marah, tekanan darah, suhu tubuh, kecepatan napas, detak jantung juga meningkat dan pupil mata akan melebar. Ini yang terjadi pada tubuhmu ketika marah dalam satu waktu. Jadi, kamu perlu waspada kalau sering marah-marah karena bisa merusak kinerja jantungmu.

4. Memproduksi hormon stres

Saat marah,kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon adrenalin dan hormon stres, yaitu cortisol. Kemudian darah yang biasanya mengalir ke perut dan usus akan berubah arah ke otot dan menyebabkan ketegangan. Makanya, saat kita marah kita cenderung melakukan gerakan fisik yang tak terkendali.

5. Pencernaan melambat

Jika kamu marah, tubuh kan memutuskan bahwa saat ini bukan waktunya untuk mencerna sehingga kemarahan dapat memperlambat kerja sistem pencernaanmu.

Kita mungkin sering menganggap bahwa kemarahan hanya akan berdampak pada orang di sekitar kita. Padahal, kemarahan juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita sendiri. Jadi, sangat penting untuk  belajar mengatus emosi saat agar kesehatan kita tidak terganggu.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading