Sukses

Food

Resep Sosis Rumahan yang Enak dan Sehat

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Membuat sosis rumahan adalah alternatif yang lebih sehat dibandingkan membeli sosis kemasan yang sering kali mengandung bahan pengawet, pewarna, dan bahan adiktif lainnya. Dengan membuat sosis sendiri, kamu bisa mengontrol kualitas bahan-bahan yang digunakan serta menyesuaikan rasa sesuai selera keluarga. Berikut adalah resep sosis rumahan yang enak dan sehat, cocok untuk dinikmati kapan saja.

Bahan

  • 500 gram daging ayam tanpa kulit (bisa diganti dengan daging sapi, atau campuran keduanya)
  • 100 gram tepung tapioka
  • 3 siung bawang putih, cincang halus atau haluskan
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu bubuk (bisa diganti kaldu ayam atau sapi alami)
  • 1 sendok teh pala bubuk (opsional)
  • 100 ml air es
  • 2 sendok makan minyak sayur (untuk adonan)
  • Selongsong sosis alami atau plastik es mambo (sebagai pembungkus)

Alat yang Diperlukan

  1. Food processor atau blender
  2. Piping bag (kantung segitiga) atau plastik untuk memudahkan memasukkan adonan ke selongsong
  3. Panci besar untuk merebus
  4. Benang atau tali untuk mengikat sosis

Cara Membuat Sosis Rumahan

  1. Jika menggunakan daging ayam, pastikan daging yang digunakan adalah bagian dada tanpa kulit agar hasilnya lebih sehat. Cincang kasar daging ayam atau sapi agar mudah diolah dalam food processor.
  2. Masukkan daging cincang ke dalam food processor atau blender, tambahkan bawang putih, garam, lada, gula, kaldu bubuk, dan pala jika menggunakan. Haluskan hingga daging menjadi adonan yang lembut dan halus.
  3. Setelah daging halus, tambahkan tepung tapioka dan air es secara bertahap sambil di-blender. Air es berguna untuk menjaga suhu adonan tetap dingin dan membuat tekstur sosis lebih kenyal.
  4. Pecahkan telur ke dalam adonan dan tambahkan minyak sayur. Proses kembali hingga semua bahan tercampur rata dan tekstur adonan menjadi lembut dan elastis.
  5. Siapkan selongsong sosis atau plastik es mambo, lalu masukkan adonan ke dalam kantung piping bag atau plastik segitiga. Masukkan adonan ke dalam selongsong hingga penuh. Jangan lupa untuk mengikat ujung selongsong dengan kuat menggunakan benang atau tali. Jika tidak memiliki selongsong sosis, kamu bisa membungkus adonan dengan plastik wrap, namun pastikan rapat agar tidak bocor saat direbus.t
  6. Setelah adonan dimasukkan ke dalam selongsong, bentuk sosis sesuai ukuran yang diinginkan. Kamu bisa membuat ukuran mini atau sedang. Untuk sosis panjang, ikat setiap ujungnya dengan benang agar adonan tidak keluar saat dimasak.
  7. Panaskan panci besar dengan air hingga mendidih. Masukkan sosis yang sudah dibungkus dan kecilkan api agar air mendidih perlahan. Rebus sosis selama 30-40 menit hingga matang sempurna.
  8. Setelah matang, angkat sosis dan dinginkan di suhu ruang. Jika menggunakan selongsong plastik, lepaskan plastiknya sebelum disajikan atau disimpan.
  9. Sosis bisa langsung dinikmati setelah direbus, dipanggang, atau digoreng ringan dengan sedikit minyak hingga kecokelatan. Sajikan dengan saus favorit atau potongan sayuran segar.

Membuat sosis rumahan yang enak dan sehat sangatlah mudah dan memberikan kepuasan tersendiri. Selain lebih aman dan bergizi, kamu bisa menyesuaikan rasa dan tekstur sesuai selera. Cobalah resep ini untuk keluarga, dan nikmati sosis sehat buatan sendiri kapan saja ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading