Sukses

Food

Mengenal Aneka Edible Flowers yang Cantik dan Dapat Diolah Jadi Menu Spesial

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Buah atau sayuran mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan diri di musim panas. Namun, ternyata banyak bunga-bunga cantik di sekeliling kita. Bunga yang mungkin menghiasi halaman rumah kita, apakah juga dapat dimakan? Melansir dari SouthernLiving.com, bunga-bunga dapat digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan, dijadikan es batu, atau bahkan sebagai hiasan seperti pada kue-kue. 

Kita menanam bunga di taman, memberikan dan menerimanya sebagai hadiah, serta menggunakannya untuk mempercantik ruangan. Selain itu, banyak bunga juga memiliki aroma yang menawan, bahkan hampir sama menariknya bagi manusia seperti bagi para penyerbuknya.

Dengan begitu banyak manfaatnya, ternyata bunga-bunga juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang unik dan penuh cita rasa. Dalam dunia kuliner, edible flowers telah menjadi tren yang semakin populer, memberikan sentuhan keindahan dan kesegaran pada berbagai hidangan. Apa saja edible flowers yang dapat diolah jadi menu spesial?

 

1. Melati

Sering dikaitkan dengan hal mistis, nyatanya memakan bunga melati dapat memberikan banyak manfaat karena mengandung antioksidan, antibakteri, dan anti peradangan. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi olahan yang berbahan dasar bunga melati baik berupa makanan maupun minuman. Salah satu yang paling populer di Indonesia adalah teh melati. 

Tidak hanya diminum, Chef Pastry hotel ASTON Priority Simatupang, Ade Tosin Ali,  bahkan menyulap teh melati menjadi bentuk mousse cake, yaitu hidangan penutup asal Perancis yang bertekstur lembut. Mousse cake ini dimodifikasi dengan bahan utama berupa teh melati yang dimasak dengan susu dan dicampurkan coklat sehingga menghasilkan tekstur yang kental, lembut, beraroma melati yang

2. Bunga Telang (Butterfly Pea)

Menghasilkan warna ungu yang cerah dan kaya, bunga ini bisa kita manfaatkan sebagai pewarna dan penambah rasa. Kita bisa merebus bunga telang dan saring bagian tanamannya untuk mendapatkan warna ungu cerah yang ideal untuk kue atau untuk merendam teh tanpa menggunakan pewarna makanan buatan.

3. Bunga Lavender

Bunga lavender yang sering kita jumpai di taman ternyata bisa menjadi bahan masakan yang menarik. Dengan rasa yang lembut dan aroma yang menenangkan, lavender dapat memberikan sentuhan istimewa pada berbagai hidangan. Kamu bisa menambahkan lavender pada kue kering, atau bahkan sirup untuk menciptakan cita rasa yang unik.

4. Chamomile

Menikmati secangkir teh chamomile terdengar menenangkan. Apalagi bisa membuatnya tanpa harus membeli? Cobalah tanam bunga chamomile. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengeringkan atau seduh langsung. Selain memberikan manfaat kesehatan, chamomile juga akan mempercantik taman dengan visual bunganya yang mirip bintang.

5. Mawar

Bunga mawar, salah satu bunga paling terkenal ini, bisa memberikan aroma buah-buahan yang segar pada teh dan selai buatanmu. Cukup gunakan sedikit saja, baik itu kelopak mawar asli atau air mawar. Salah satu resep dengan mawa adalah dengan sari mawar bisa menjadi bahan utama dalam resep salad buah mangga-mawar yang lezat.

Bunga-bunga edible, atau bunga yang bisa dimakan, telah menjadi tren kuliner yang semakin diminati. Selain memberikan keindahan visual pada hidangan, bunga-bunga ini juga menawarkan beragam manfaat kesehatan. Kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, edible flowers dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan energi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba tambahkan edible flowers pada menu kamu sehari-hari!

Penulis: Nadya Aufia

#Unlocking the Limitless

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading