Sukses

Food

⁠4 Pilihan Sarapan Sehat dan Ringan Pengganti Nasi

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah merasa ingin mengisi perut di pagi hari tapi dirasa menu sarapan nasi terlalu berat untuk disantap? Orang Indonesia seperti kita pasti pernah merasakan belum makan kalau belum makan nasi. Hal ini karena pengaruh yang dibawakan oleh nenek moyang kitalah yang menjadi kita terbiasa untuk selalu makan nasi. Namun, bagi beberapa orang, menu nasi di pagi hari sebagai sarapan akan sangat berat dan malah berujung sakit perut. 

Lantas, apa saja menu pilihan lain yang menggantikan nasi di pagi hari? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Oatmeal

Apa sih yang spesial dari makanan berbahan dasar biji-bijian ini? jangan salah, dengan bahan dasar yang sekecil biji oat ini, manfaat yang dihasilkan sangatlah melimpah. Oatmeal pada umumnya memang menjadi menu andalan orang-orang yang akan menjalankan program diet karena segudang khasiatnya yang bisa menjaga berat badan kita tetap stabil. Tak hanya itu saja, kandungan serat yang ada di dalamnya pun sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolestrol.

Selain itu, kandungan karbohidrat di dalam oat ini juga melimpah. Oleh karena itu, menu oatmeal ini sangat cocok untuk sarapan kita sehari-hari. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi tadi, mampu menjaga daya tahan tubuh kita untuk beraktivitas sepanjang hari.

2. Roti Gandum

Roti gandum memang terkenal akan seratnya yang tinggi. Terbukti dengan banyak sekali bahan pokok yang menjadikan gandum sebagai bahan dasar mereka, salah satunya ialah roti gandum itu sendiri. Manfaat dari gandum pun sangat beragam mulai dari seratnya yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan kita, mencegah sembelit, dan menjaga perut kita untuk tetap kenyang. 

Kandungan karbohidrat yang tinggi juga merupakan khasiat yang terkandung di dalam gandum. Membuat gandum menjadi menu yang berpotensial menjadi pengganti menu nasi.

3. Pancake

Kue dadar atau penekuk yang satu ini adalah salah satu menu sarapan andalan bagi kamu yang ingin menu manis di pagi hari. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue dadar ini juga cukup mudah untuk didapat, seperti, tepung terigu, susu cair, baking powder, telur, mentega, madu sirup, gula dan garam secukupnya, dan juga buah-buah an segar jika kamu ingin menambahkan kesan asam di atasnya. Khasiat yang terkandung di dalamnya juga tak kalah bagus dari penampilannya yang fluffy dan menggugah selera. Pancake mengandung kalsium, karbohidrat dan zat besi yang baik. Namun, tentu untuk menu sarapan, kamu harus pastikan pancake yang kamu buat kaya akan nutrisi agar kamu bisa mengawali hari dengan maksimal.

4. Telur dan Alpukat

Sahabat Fimela pernah terbayangkan akan kombinasi ini sebelumnya? siapa sangka, nyatanya alpukat jika dimakan dengan telur akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kamu. Menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan otak merupakan sepertiga dari segudang khasiatnya. Alpukat dengan vitamin dan lemak tak jenuh tunggal yang mampu membakar lemak kita saat kita beraktivitas. Digabungkan dengan telur yang kaya akan asam amino dapat dikonversi ke otot untuk mengoptimalkan otot-otot yang terbakal tadi, sehingga kita bisa mengawali hari dengan penuh tenaga.

Itulah beberapa manu yang potensial menjadi pengganti nasi. Jadi, apakah Sahabat Fimela tertarik untuk sarapan dengan salah satunya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading