Sukses

Food

Tambahkan Terigu, Trik Menggoreng Kroket Kentang agar Tidak Hancur

Fimela.com, Jakarta Kroket kentang menjadi camilan gorengan enak dan nikmat yang mungkin mudah dibuat tapi juga memiliki tantangannya sendiri. Salah satu tantangannya adalah gampang pecah saat proses penggorengan sehingga isiannya terburai dan mengotori minyak di dalam wajan. Biasanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kroket kentang tidak hancur saat digoreng, salah satunya adalah memerhatikan konsistensi adonan kulit.

Ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kroket kentang hancur, yaitu menambahkan tepung terigu. Begini caranya.

1. Campurkan di dalam adonan kulit

Porsi kentang dan terigu di dalam adonan kulit kroket sebaiknya 6:4. Jangan terlalu banyak tepung terigu agar kulit kroket tidak keras, namun juga jangan terlalu banyak kentang agar tidak mudah pecah dan hancur. Jadi semisal menggunakan 600 gram kentang tumbuk, gunakan 400 gram tepung terigu. Campurkan kentang tumbuk dengan terigu hingga kalis lalu lanjutkan membentuk adonan kulitnya. Proses pengepalan kulit kroket juga harus baik, jangan ada bagian yang retak atau kurang erat saat dipadatkan agar tidak hancur saat digoreng.

2. Tepung pelapis

Untuk tepung pelapis, gunakan tepung terigu di dalam campurannya. Bahan tepung pelapis juga menjadi bagian penting agar kroket kentang tidak gampang hancur. Campurkan tepung terigu, putih telur dan sedikit air. Jika sudah dicelup tepung pelapis, baru balurkan dengan tepung panir. Sebaiknya jangan langsung digoreng agar tepung panir cukup menempel di kulit kroket. Boleh disimpan dahulu selama 1 jam di dalam freezer sebelum digoreng.

Itu dia trik menggoreng kroket kentang agar tidak hancur. Boleh dicoba di rumah ya Sahabat Fimela, semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading