Sukses

Food

Tambahkan Cuka, Trik Masak Nasi Pulen ala Hokben yang Lembut

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin penasaran bagaimana mungkin nasi Hokben sangat pulen, lembut dan enak disantap ketika masuk ke mulut. Beberapa orang mungkin tidak bisa membedakannya, namun nasi pulen dan lembut Hokben sangat khas dan cenderung susah disaingi oleh merek dagang lainnya. Kira-kira apa rahasia menanak nasi yang dilakukan ole Hokben?

Jika ingin masak nasi pulen ala Hokben yang lembut dan teksturnya tetap kenyal enak di mulut, sebenarnya da trik yang bisa diterapkan. Cukup tambahkan cuka, maka nasi yang ditanak akan lebih pulen dan nikmat disantap. Ini dia cara memasak nasi pulan ala Hokben yang bisa dicoba di rumah. Fungsi cuka adalah memecah serat pada nasi yang dimasak sehingga tidak kasar tapi tetap mempertahankan teksturnya yang kenyal sehingga nasi menjadi pulen, kenyal dan lembut di mulut.

Tips Masak Nasi Pulen ala Hokben

Bahan yang dibutuhkan:

  • beras putih yang pulen
  • 2 sdm cuka/vinegar
  • air secukupnya

Cara Masak Nasi Pulen ala Hokben:

  1. Pilih jenis beras. Sebaiknya gunakan jenis beras yang pulen, karena ini sangat penting dalam menentukan hasil dari menanak nasi nantinya.
  2. Perlu diketahui bahwa jenis beras yang pulen pun berbeda-beda hasilnya. Meskipun memilih yang sudah pulen, belum tentu hasilnya akan sama seperti beras yang digunakan di Hokben.
  3. Cuci beras hingga bersih. Cuci atau bilas beras 2-3 kali hingga tidak terlalu keruh airnya. Siapkan panci penanak nasi, masukkan beras yang sudah dicuci ke dalamnya.
  4. Tuang cuka/Vinegar. Sebelum dimasak, tuangkan cuka makan atau vinegar ke dalam beras. Aduk rata, beras mungkin akan berubah sedikit kekuningan warnanya, jangan khawatir itu tidak masalah.
  5. Tuang air secukupnya. Gunakan ukuran ruas jari untuk menentukan banyaknya air yang digunakan. Kemudian tutup dan masak nasi di dalam penanak nasi hingga matang.
  6. Tapi pastikan sudah mengenali dahulu jenis berasnya, karena terlalu banyak air, beras pulen justru akan jadi lembek dan mirip bubur.
  7. Hasilnya, nasi yang pulen teksturnya akan lebih lembut dan empuk di mulut.

Jadi, cukup tambahkan cuka saja ke dalam beras jika ingin masak nasi pulen di rumah. Yuk coba!

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading