Sukses

Food

3 Tips dan Trik Menggoreng Keripik Kentang agar Tidak Lembek dan Gosong

Fimela.com, Jakarta Keripik kentang bisa menjadi salah satu camilan rumahan yang murah meriah dan mudah sekali dibuat dengan bahan dan bumbu seadanya. Daripada beli produk kemasan di luar yang mungkin MSG-nya lebih banyak, mending bisa bikin sendiri meski agak ribet sedikit. Jika ingin keripik kentang yang tidak lembek dan gosong selama digoreng, ini dia beberapa tips dan trik yang bisa dicoba.

1. Iris tipis

Kunci utama agar keripik kentang menjadi renyah dan krispi adalah memastikan irisan kentang tipis, dan usahakan semua irisan sama tipisnya. Ketebalan yang berbeda-beda saat mengiris kentang bisa menyebabkan perbedaan tingkat kematangan, sehingga memperbesar risiko gosong karena ada bagian yang matang duluan dan ada yang belum matang. Jika ingin keripik kentang irisan tipisnya sama, gunakan alat serut kentang yang biasanya dijual dengan harga murah di e-commerce, sehingga ketebalannya lebih konsisten.

2. Masukkan saat minyak sudah panas

Minyak yang sudah panas juga akan memastikan lebih mudahnya keripik kentang menjadi renyah dan krispi serta tidak menyerap banyak minyak. Jadi pastikan minya dipanaskan dahulu secukupnya, jangan terlalu panas juga hngga berasap, itu akan menyebabkan gosong begitu kentang dimasukkan ke dalam minyak. Untuk mengetes apakah minyak sudah cukup panas, masukkan beberapa irisan kentang. Jika langsung bereaksi, berarti minyak sudah cukup panas.

3. Tiriskan dari air

Keripik kentang yang renyah dan krispi seringkali tergantung seberapa banyak air yang dibawa di dalam kentang. Setelah dicuci dari patinya yang membuat air keruh, tiriskan dahulu kentang di atas tisu dapur, lalu goreng berkala. Jangan terlalu banyak juga memasukkan kentang dalam sekali goreng, karena akan memengaruhi suhu panas yang tidak merata di semua bagian kentang. Selama digorng juga harus diaduk berkala agar matangnya merata.

Itu dia beberapa tips dan trik yang bisa dipraktikkan ketika menggoreng keripik kentang agar teksturnya renyah dan krispi, awet tahan lama tidak melempem bahkan tidak gosong maupun menyerap terlalu banyak minyak.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading