Sukses

Food

Terobosan Baru untuk Inovasi Dessert di Industri Bakery agar Hidangan Lebih Memanjakan Lidah

Fimela.com, Jakarta Melihat perkembangan bakery, dessert, dan pastry shop yang semakin marak dengan bertambahnya outlet dan brand dari pemain baru baik lokal maupun internasional, serta bertumbuhnya home industry sejak pandemi didukung kuat oleh kemudahan pasar secara digital dan fenomena berbelanja yang tidak melulu dilakukan di suatu outlet spesifik atau melalui omnichannel; untuk itu pelaku usaha bakery dan pastry shop harus mencari strategi untuk memenangkan persaingan atau menciptakan ruang pasar baru. Inovasi menjadi kata kunci. 

Salah satu tren yang diamati oleh Mintel (lembaga intelijen pasar global) adalah meningkatnya daya tarik kreasi penganan manis atau dessert yang premium. Di Indonesia, sebanyak 42% konsumen mengaku mengonsumsi  sesuatu yang manis seperti penganan manis atau dessert setiap hari. 

Menikmati dessert dipandang sebagai momen memanjakan diri atau perayaan atas pencapaian-pencapaian kecil. Pengalaman konsumsi yang unik dan bentuk kemewahan yang terjangkau merupakan ruang pasar baru yang perlu ditangkap oleh bakery dan pastry shop.

Melihat tren ini, PT Indolakto entitas anak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP”) memperkenalkan Indomilk FnB Solutions, yang menawarkan dukungan di pasar Food Service, melalui penyediaan 7 kategori produk Dairy (susu dan olahannya): Fresh Milk, UHT Milk, Powdered Milk, Sweetened Condensed Milk, Evaporated Milk, Butter, dan Ice Cream untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha yang memerlukan bahan baku dairy berkualitas tinggi yang merupakan bahan baku utama dalam proses produksi bakery dan pastry terutama di dalam mengembangkan produk penganan manis pencuci mulut atau dessert.

“Indomilk FnB Solutions berkomitmen untuk menjadi solusi dan dukungan yang komprehensif bagi para pelaku usaha F&B, menawarkan kualitas yang tinggi, kesegaran produk, varian produk dairy yang lengkap, jaringan distribusi yang luas serta kolaborasi dan ko-kreasi demi kepuasan konsumen. Semua produk dalam lini Indomilk FnB Solutions bersertifikasi HALAL dengan kualitas berstandar internasional,” ujar Adryan Widodo, General Manager Cold Chain dan Food Service PT Indolakto.

Pada acara Dessert Omakase yang diselenggarakan pada tanggal 15 Agustus 2024 di RA Suites Simatupang, Indomilk FnB Solutions memperkenalkan lebih dalam keunggulan produk Indomilk Good Milk UHT serta peluncuran produk baru Australian Butter Baking – yaitu sebuah produk butter yang diformulasi khusus yang merupakan terobosan baru “game changer” untuk membantu para bakepreneur dan professional baker/pastry chef dalam menciptakan inovasi atas produk kreasi baking penganan manis atau dessert innovation yang premium. 

Dessert Omakase Bakery dan Pastry Shop

Inspirasi kreasi penganan manis dessert premium yang disajikan dalam acara Dessert Omakase adalah Tropical dan Strawberry Beso de Angel kreasi Pastry Chef Kim Pangestu.

 “Indomilk Good Milk UHT memberikan tekstur dan cita rasa milky dan creamy yang kaya; sedangkan Australian Butter Baking memberikan struktur cake yang kokoh dengan tekstur lembut dan moist pada kue, serta memberikan aroma milky buttery yang menggugah selera,” ujar Pastry Chef Kim Pangestu.

Kebutuhan konsumen akan makanan manis ditemani oleh secangkir kopi (coffee pairing) juga menciptakan blurring channel, dimana kafe juga perlu menawarkan produk roti, pastry, dan dessert di samping produk minuman kopi. Ahli kopi Hendri Kurniawan menyajikan kopi yang harmonis terhadap kreasi Chef Kim, sejalan dengan meningkatnya tren menyantap dessert bersama kopi.

Konsultan kopi Hendri Kurniawan meracik minuman kopi dengan Indomilk Good Milk Fresh Milk untuk para pelaku usaha yang hadir dalam Inodmilk Dessert Omakase.

"Komposisi protein dengan lemak yang ideal dan tanpa gula tambahan pada susu Indomilk Good Milk Pasteurisasi Milk dapat mengangkat karakter minuman kopi panas, serta memudahkan proses frothing untuk hasil foam yang halus dan mengkilap, serta tekstur yang lembut di mulut ketika diminum," ujar Hendri Kurniawan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading