Sukses

Food

5 Tips dan Trik Menggoreng Lumpia agar Tidak Menyerap Berminyak

Fimela.com, Jakarta Makan gorengan sudah pasti akan membuat tangan berminyak, tapi terkadang ada kadar berminyak tertentu yang membuat gorengan justru tidak enak disantap. Ketika gorengan terlalu menyerap banyak minyak, bukan hanya membuat tangan dan mulut belepotan tapi juga meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti peradangan, kolesterol hingga kegemukan. Salah satu gorengan yang sering menyerap minyak adalah lumpia goreng.

Kita mungkin enggan makan lumpia jika sangat berminyak, padahal lumpia bisa digoreng tanpa arus menyerap banyak minyak. Berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan agar lumpia tidak berminyak.

1. Pastikan isian lumpia tidak basah

Sebelum menggulung lumpia dengan kulitnya, pastikan dahulu isian lumpia tidak terlalu basah. Buat isian lumpia yang cukup kering sehingga nanti saat digoreng tidak banyak menyerap minyak. Isian yang terlalu basah bukan hanya akan menyerap lebih banyak minyak tapi juga membuat lumpia mudah melempem atau kehilangan tekstur renyah dan krispinya setelah digoreng. Jadi pastikan isian lumpia cukup kering sehingga memudahkan proses penggorengan.

2. Kulit lapis dua

Karena kulit lumpia cenderung tipis dan berpori, biasanya rentan menyerap banyak minyak. Tapi jika kulit lumpia dibuat lapis dua saat akan menggulung isiannya, maka akan lebih rapat dan padat sehingga bisa mengurangi risiko menyerap terlalu banyak minyak. Mendobel kulit lumpia juga berguna mencegah isian terburai karena kulitnya sobek saat digulung maupun digoreng.

3. Goreng dalam minyak hingga tenggelam

Usahakan menggunakan minyak cukup banyak saat menggoreng lumpia. Biasanya, lumpia akan menyerap lebih banyak minyak jika sebagian saja yang terkena minyak panas. Jadi meskipun tampak boros karena butuh banyak minyak, tapi justru membantu lumpia tidak menyerap banyak minyak. Jadi siapkan wajan cekung yang cukup menampung banyak minyak.

4. Masukkan ketika minyak sudah panas

Panaskan dahulu minyak di dalam wajan sebelum menggoreng lumpia. Lumpia yang digoreng sebelum minyak panas jutru rentan menyerap banyak minyak. Jadi jangan biarkan lumpia masuk ke wajan yang minyaknya belum panas. Proses penggorengan juga akan lama jika memasukkan banyak lumpia sekaligus. Batasi 3-4 buah lumpia dalam sekali menggoreng agar suhu panasnya lebih merata. Begitu kulit lumpia kecokelatan, bisa diangkat dan tiriskan.

5. Alasi dengan tisu dapur

Setelah lumpia ditiriskan dari minyak panas, letakkan di atas piring yang dialasi tisu dapur, gunanya untuk menyerap sisa minyak dari kulit lumpia. Akan lebih baik menunggu dulu lumpia selama 5-10 menit sebelum disantap. Lumpia justru akan awet renyah jika tidak terlalu banyak minyak di dalamnya.

Itu dia beberapa tis dan trik menggoreng lumpia agar tidak terlalu menyerap minyak. Semoga bermanfaat dan bisa dicoba di rumah.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading