Sukses

Food

8 Makanan Enak yang Ampuh untuk Menurunkan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Asam urat adalah senyawa kimia yang diproduksi ketika tubuh memecah purin, zat yang ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan serangan gout yang menyakitkan, serta masalah kesehatan lainnya. Salah satu tanda asam urat yang paling umum adalah nyeri sendi, terutama di area jempol kaki. Nyeri ini sering kali muncul secara tiba-tiba dan bisa sangat intens, bahkan mengganggu tidur. Jika tanda ini diabaikan, ini bisa berbahaya buat kesehatan tubuh secara keseluruhan ke depannya. Jadi, sangat penting untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, saat kamu menemukan tanda ini dalam diri ya.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan asam urat. Selain konsumsi obat, konsumsi makanan tertentu juga cukup membantu. Studi menemukan jika ada beberapa makanan enak yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut adalah beberapa makanan tersebut. 

 

Ceri

Ceri, terutama ceri hitam, telah lama dikenal memiliki efek menurunkan kadar asam urat. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ceri bisa mengurangi risiko serangan gout. Ceri mengandung anthocyanin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Konsumsi buah ini secara rutin dengan porsi tepat, akan memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh. 

 

Apel

Buah satu ini mengandung asam malat yang bisa membantu menetralkan asam urat dalam tubuh. Selain itu, apel juga kaya serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. Apel bahkan dikatakan sebagai salah satu buah terbaik yang bantu menjaga berat badan ideal, menstabilkan kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh. 

 

Jeruk

Buah jeruk, seperti jeruk manis, lemon, dan jeruk nipis, kaya akan vitamin C. Vitamin C bisa membantu menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan ekskresi asam urat melalui urine. Ini juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Mereka juga rendah purin, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita gout. Ini juga kaya akan serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Sayuran hijau bahkan mengandung beragam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

 

Buah Beri

Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kadar asam urat. Buah beri ini juga dikenal sebagai nutrisi terbaik untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh.  

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan biji-bijian seperti chia seed mengandung serat dan protein yang baik untuk kesehatan. Mereka juga rendah purin dan bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Makanan ini juga sebagai nutrisi terbaik yang baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini juga bermanfaat menjaga berat badan ideal dan menyehatkan jantung. 

 

Air Putih

Meskipun bukan makanan, air putih sangat penting untuk membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh. Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk membantu menjaga kadar asam urat tetap rendah. Air putih menjadi salah satu nutrisi terbaik bagi tubuh secara menyeluruh. 

 

Yoghurt

Produk susu rendah lemak, seperti yoghurt, bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Yoghurt mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Jangan lewatkan untuk konsumsi yoghurt setidaknya satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat mengesankannya. 

Agar terhindar dari risiko asam urat tinggi, pastikan untuk membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut. Hindari pula konsumsi alkohol dan makanan junk food. Pastikan jika kamu mengelola stres dengan baik. Pasalnya, stres juga berpengaruh besar pada naik turunnya asam urat dalam tubuh dan kesehatan keseluruhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita bisa lebih bijak dalam memilih makanan sehari-hari yang hendak dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading