Sukses

Food

Trik Bikin Talas Goreng yang Renyah Tanpa Lengket di Wajan Pakai 1 Bubuk Minuman

Fimela.com, Jakarta Talas, salah satu jenis umbi-umbian yang sering diolah oleh masyarakat, menawarkan cita rasa yang lezat baik dikukus maupun digoreng. Talas goreng menjadi cemilan favorit yang bisa dinikmati kapan saja. Proses pembuatannya cukup sederhana, sehingga banyak orang tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah.

Untuk membuat talas goreng, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci bersih talas, kemudian menghaluskannya. Setelah itu, campurkan talas yang sudah dihaluskan dengan tepung dan bumbu-bumbu pilihan. Bentuk adonan sesuai selera, kemudian goreng dalam minyak panas. Namun, ada beberapa tantangan yang sering dihadapi saat menggoreng talas, seperti adonan yang menempel di wajan dan hancur saat dibalik.Mengatasi masalah ini, pengguna Instagram @andjani_cen berbagi tips dan resep praktis agar talas goreng tidak lengket dan tetap renyah. 

Berikut langkah-langkahnya dilansir dari Briliofood.net, Rabu (31/07/2024).

Bahan-Bahan

  • Talas, dikupas, dicuci bersih, dan diparut kasar
  • 3 sendok makan tauco Medan
  • 5 sendok makan tepung tapioka
  • 2 sendok teh kaldu jamur
  • 150 gram udang kering yang telah dihaluskan
  • 4 siung bawang putih yang telah dihaluskan
  • 2 bungkus bubuk minuman Ad** S*ri (untuk menambah kerenyahan).

Cara Membuat

  • Campurkan talas parut dengan tauco Medan, tepung tapioka, kaldu jamur, udang kering, dan bawang putih halus. Aduk hingga semua bahan tercampur rata
  • Tambahkan bubuk minuman Ad** S*ri ke dalam adonan, kemudian aduk lagi hingga merata
  • Bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil menggunakan tangan
  • Panaskan minyak goreng di wajan, lalu masukkan adonan talas goreng
  • Goreng hingga terlihat agak kering, kemudian bolak-balik agar matang merata
  • Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan talas goreng

Hasil akhirnya, talas goreng akan memiliki kulit yang sangat krispi dengan bagian dalam yang lembut saat dibelah. Tips dari @andjani_cen ini memastikan talas goreng yang dihasilkan tidak hanya lezat, tetapi juga renyah tahan lama. Nikmati talas goreng sebagai camilan yang menggugah selera kapan saja.

Pertanyaan Warganet Seputar Talas

Talas adalah umbi apa?

Artikel ini telah di-review dokter.” Halodoc, Jakarta – Talas adalah nama tumbuhan umbi-umbian yang biasa dikenal sebagai singkong raksasa (Colocasia esculenta). Tumbuhan ini juga dikenal dengan sebutan lain seperti keladi, kimpul atau suweg. Tak hanya soal pangan, nyatanya talas juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Berapa macam jenis talas?

Jenis tanaman talas di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu talas Bogor (Colocasia esculenta), talas Belitung/Kimpul (Xanthosoma sagitifolium), dan talas Padang (Colocasia gigantean).

Apa rasa dari talas?

Umbi talas banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang gurih dan daging umbinya yang bertekstur lembut. Tanaman ini merupakan bahan pangan yang memiliki nilai gizi yang cukup baik, karena merupakan sumber karhohidrat tinggi.

Talas mengandung gizi apa?

Tak hanya itu, talas juga diperkaya antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta zat besi dan tembaga. Aneka nutrisi pada talas tersebut menjadikan talas sebagai salah satu makanan yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi organ tubuh.

Apakah talas baik untuk penderita asam lambung?

Selain itu, ada juga makanan dengan sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari penderita maag. Misalnya, mie, bihun, ubi, beras ketan, jagung, talas, dan dodol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading