Sukses

Food

5 Trik Bikin Tempe Mendoan Agar Renyah dan Tanpa Minyak Berlebih, Hanya Pakai 1 Jenis Tepung Saja

Fimela.com, Jakarta Hidangan gorengan, terutama tempe mendoan, memang sulit untuk ditolak. Tempe mendoan yang renyah dan gurih bukan hanya nikmat dikonsumsi langsung, tetapi juga cocok sebagai lauk pendamping nasi putih. Namun, seringkali tempe mendoan yang digoreng menggunakan tepung terigu bisa menjadi lembek dan menyerap banyak minyak.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna YouTube Desy Ayu Channel menawarkan solusi menarik. Dalam video tutorialnya, ia menunjukkan cara membuat tempe mendoan yang renyah dengan menggunakan tepung ketan putih sebagai pengganti tepung terigu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mendapatkan tempe mendoan yang garing dan tidak berminyak:

Berikut Trik dilansir dari Briliofood.net, Rabu (31/07/2024).

Persiapan Adonan

Campurkan 7 sendok makan tepung ketan putih dengan 1 butir telur ayam, 1 sendok teh lada putih bubuk, 1/2 sendok teh kaldu bubuk, garam secukupnya, 1/2 sendok teh jinten bubuk, dan 1 sendok teh ketumbar bubuk dalam sebuah wadah.

Tambahkan Air dan Daun Bawang

Tuangkan 100 ml air ke dalam campuran tersebut. Untuk menambah rasa dan tampilan, masukkan juga irisan 3 batang daun bawang. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Celupkan Tempe

Irisan tempe kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung, pastikan semua sisi tempe terlapisi dengan baik.

Penggorengan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan tempe yang sudah terlapisi adonan tepung ke dalam minyak panas. Goreng hingga bagian bawah tempe tampak kering, lalu balikkan tempe agar matang merata. Gunakan api sedang untuk menghindari gosong.

Tiriskan Minyak

Setelah tempe mendoan berwarna kecoklatan dan garing, angkat dengan saringan dan biarkan beberapa saat agar minyak berlebih bisa berkurang. Tempe mendoan siap disajikan di atas piring. Dengan menggunakan tepung ketan putih, tempe mendoan akan memiliki tekstur yang garing di luar namun tidak berminyak.

Sambal yang Cocok untuk Tempe Mendoan

Untuk menyempurnakan tempe mendoan, sambal yang cocok adalah sambal kecap atau sambal terasi. Berikut ini dua pilihan sambal yang bisa dipilih:

Sambal Kecap:

Bahan: Kecap manis, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula

Cara Membuat: Cincang halus cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Campurkan dengan kecap manis, lalu tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk rata.

Sambal Terasi:

Bahan: Cabai merah, cabai rawit, terasi, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, dan garam

Cara Membuat: Goreng cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi hingga matang. Haluskan semua bahan bersama tomat, lalu tambahkan gula dan garam. Aduk rata dan sajikan.

Pertanyaan Netizen Seputar Tempe

Apa perbedaan tempe biasa dengan tempe mendoan?

Umumnya, tempe goreng itu menggunakan jenis tempe yang berukuran kotak memanjang, yang dibungkus dengan plastik. Nantinya tempe itu dipotong dengan ukuran sekitar setengah centimeter. Sedangkan mendoan menggunakan tempe khusus yang dibungkus daun pisang, biasanya ukurannya besar dan lembarannya lebih tipis.

Apa ciri khas dari tempe mendoan?

Tempe mendoan memiliki ciri khas yaitu tempe yang digoreng setengah matang sehingga masih agak lembek di bagian dalamnya, kemudian dilapisi dengan adonan tepung berbumbu dan digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Mengapa disebut tempe mendoan?

Diketahui, penamaan tempe mendoan disinyalir diambil dari kata mendo yang dalam bahasa Jawa Banyumas yang berarti setengah matang. Dapat dikatakan bahwa nama tempe mendoan diambil dari teknik memasaknya. Ada alasan di balik penggunaan teknik memasak setengah matang. Mulanya mendoan adalah olahan tempe cepat saji.

Tempe yg bagus seperti apa?

Ciri-ciri tempe yang berkualitas baik bisa dilihat dari warnanya, biasanya putih. Suliantari mengungkapkan bahwa warna putih yang menutupi kedelai pada tempe adalah jamur. "Karena ditutup oleh jamur atau benang dari jamur makanya muncul warna putih menutupi tempe," terangnya.

Apa yang ada di Mendoan?

Mendoan merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mendoan adalah tempe yang digoreng menggunakan tepung terigu dengan tambahan daun bawang . Tempe memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, karena merupakan produk pangan yang terbuat dari fermentasi kedelai. Terbuat dari kedelai Non GMO.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading