Sukses

Food

3 Trik Mengukus Makanan dengan Alat Seadanya untuk Anak Kost

Fimela.com, Jakarta Seringkali barang-barang atau peralatan memasak anak kost terbatas, apalagi jika ingin mengukus makanan. Tapi sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar makanan tetap bisa dikukus dengan alat seadanya yang dimiliki di kos. Jika ingin mengukus makanan secara praktis dengan alat seadanya di kost, beberapa trik ini boleh dicoba.

1. Gunakan rice cooker

Gunakan rice cooker atau penanak nasi jika punya di kost. Cukup cuci bersih panci penanak lalu isi dengan air secukupnya. Letakkan wadah sarangan plastik yang jadi satu paket dengan penanak nasi. Tata makanan yang ingin dikukus di wadah tersebut lalu tutup rice cooker. Nyalakan cook, tinggal tunggu rice cooker mengukus makanannya. Tinggal tentukan sendiri berapa lama waktu mengukusnya, boleh dibuka jika dirasa sudah cukup.

2. Gunakan wajan

Jika ada dapur kecil di kost dan punya wajan atau teflon, bisa digunakan untuk mengukus makanan. Caranya, isi wajan dengan sedikit air, tata makanan yang akan dikukus di mangkuk lalu letakkan di atas wajan berisi air. Nyalakan kompor dan tutup wajan. Air di wajan akan mendidih dan mengukus makanan yang diletakkan di mangkuk. Kukus selama yang diinginkan hingga makanan matang.

3. Gunakan panci

Jika punya panci untuk merebus air, bisa juga digunakan untuk mengukus makanan. Letakkan makanan yang ingin dikukus di dalam mangkuk kecil. Tuang air secukupnya di panci, letakkan mangkuk tersebut di dalam panci, sebisa mungkin tidak akan meluap airnya hingga masuk ke dalam mangkuk. Jika kebanyakan airnya, boleh dikurangi. Setelah itu tinggal nyalakan api lalu kukus hingga matang. Tunggu hingga suhu panas menurun baru angkat mangkuk pengukusnya.

Itu dia beberapa trik mengukus makanan dengan alat seadanya untuk anak kost. Boleh dicoba, sederhana, praktis dan cerdas karena memanfaatkan barang-barang yang ada di kos.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading