Sukses

Food

5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda

Fimela.com, Jakarta Daun singkong atau dikenal juga sebagai daun ubi merupakan sayuran yang sering dijadikan menu sehari-hari. Biasanya, daun singkong diolah dengan cara direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sebagai lalapan atau diolah menjadi hidangan lezat lainnya.

Merebus daun singkong adalah langkah awal dalam pengolahan sayuran ini. Namun, banyak orang mengalami masalah seperti tekstur yang keras dan warna daun yang menghitam saat direbus.

Untuk mengatasi masalah ini, ada trik khusus yang bisa dilakukan. Banyak orang menambahkan baking soda ke dalam air rebusan daun singkong. Baking soda tidak hanya membuat daun singkong lebih empuk tetapi juga mencegah perubahan warna. Namun, penggunaan baking soda harus hati-hati karena bisa mempengaruhi rasa daun singkong jika takarannya tidak tepat.

Sebagai alternatif yang lebih aman, pengguna Instagram @fahrunnizarf membagikan cara merebus daun singkong dengan menggunakan dua bahan dapur saja, yakni minyak goreng dan garam. Dalam video yang diunggahnya, @fahrunnizarf menunjukkan bahwa minyak goreng dan garam bisa membuat daun singkong tetap hijau dan empuk.

Berikut cara merebus daun singkong dilansir dari Briliofood.net, Selasa (30/07/2024).

Siapkan Bahan dan Alat

  • Daun singkong yang sudah dipetik dan dicuci bersih
  • Air
  • Minyak goreng
  • Garam
  • Panci

Rebus Air dan Masukkan Daun Singkong

  • Isi panci dengan air dan didihkan hingga benar-benar mendidih
  • Masukkan daun singkong ke dalam air mendidih
  • Pastikan daun singkong terendam sepenuhnya dengan menekannya.

Tambahkan Minyak Goreng dan Garam

  • Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam air rebusan
  • Tambahkan juga garam secukupnya
  • Aduk hingga minyak dan garam tercampur merata dengan air dan daun singkong

Rebus Hingga Matang

  • Rebus daun singkong selama kurang lebih 15 menit
  • Pastikan daun singkong empuk dan berwarna hijau cerah
  • Angkat daun singkong yang sudah matang dan tiriskan

Daun singkong yang sudah empuk dan tetap hijau siap untuk dikonsumsi sebagai lalapan atau diolah menjadi hidangan lain seperti gulai. Metode ini telah dibagikan oleh pengguna Instagram @fahrunnizarf dan mendapat banyak respon positif dari warganet.

Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

Selain enak dikonsumsi sebagai lalapan atau menjadi hidangan lain, daun singkong memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat daun singkong:

Kaya Akan Nutrisi

Daun singkong mengandung berbagai vitamin (A, C, dan K) dan mineral (kalsium, fosfor, dan zat besi) yang penting untuk kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, pembekuan darah, tulang, dan darah.

Sumber Antioksidan

Mengandung flavonoid dan polifenol yang membantu melawan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun singkong membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Mengontrol Tekanan Darah

Kalium dalam daun singkong membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, penting untuk mencegah hipertensi dan menjaga kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat dalam daun singkong membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Pertanyaan Umum Netizen Seputar Daun Singkong

Penyakit apa yang tidak boleh makan daun singkong?

Mengkonsumsi daun singkong secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan tubuh memiliki resiko terkena berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung dan stroke.

Apa saja kandungan dalam daun singkong?

Berdasarkan informasi yang diambil dari manfaatdaun.com, daun singkong mempunyai kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, mangan, zinc dan lain sebagainya. Selain itu, daun singkong mempunyai kadar kalori dan lemak rendah.

Apa penjelasan daun singkong?

Daun singkong merupakan sumber hijauan yang potensial untuk pakan ternak. Daun singkong dapat dimanfaatkan melalui defoliasi sistematis setelah umbi singkong dipanen (Fasae, et.al., 2006)

Singkong Untuk Mengobati penyakit apa?

Singkong bahkan disebut dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain manfaat di atas, singkong juga diklaim dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi kelelahan, diare, infeksi, masalah kesuburan, dan menginduksi persalinan.

Apakah daun singkong baik untuk kolesterol tinggi?

Untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol agar tetap stabil, kamu bisa mengonsumsi daun singkong.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading