Sukses

Food

7 Trik Bikin Kulit Ayam Krispi Agar Renyah dan Awet Sampai 3 Bulan, Hanya Pakai 1 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Kulit ayam merupakan bahan makanan yang praktis dan lezat untuk diolah. Biasanya, kulit ayam diolah menjadi gorengan yang renyah dan gurih, cocok dijadikan lauk pendamping nasi atau camilan. Namun, banyak orang menghadapi kesulitan saat membuat kulit ayam goreng, yang seringkali berakhir dengan hasil yang tidak krispi, terlalu alot, atau teksturnya tidak bertahan lama.

Untuk memastikan kulit ayam goreng Anda krispi dan tahan lama, Anda bisa mengikuti trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok @biananamalang. Menurutnya, ada satu bahan tambahan yang dapat membuat kulit ayam goreng Anda renyah dan enak.

Berikut langkah-langkah membuat kulit ayam krispi dilansir dari Briliofood.net, Senin (29/07/2024).

Cuci Bersih Kulit Ayam

Langkah pertama adalah mencuci kulit ayam hingga bersih. Penting untuk menghilangkan sisa-sisa lemak yang menempel, karena lemak yang tertinggal dapat membuat kulit ayam menjadi alot setelah digoreng.

Hilangkan Bau Amis

Setelah mencuci, campurkan kulit ayam dengan air perasan jeruk nipis. Ini akan membantu menghilangkan bau amis dari kulit ayam.

Marinasi Kulit Ayam

Tambahkan garam, lada, dan bawang putih cincang ke dalam kulit ayam. Aduk rata dan marinasi kulit ayam di dalam kulkas (chiller) selama sekitar 1 jam.

Siapkan Adonan Tepung

Selagi menunggu marinasi, siapkan adonan tepung. Campurkan tepung terigu protein tinggi, lada, penyedap rasa, dan sedikit baking soda dalam wadah. Baking soda adalah bahan kunci yang membuat tekstur kulit ayam menjadi lebih renyah saat digoreng. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Baluri Kulit Ayam dengan Adonan

Setelah marinasi selesai, baluri kulit ayam dengan campuran adonan tepung hingga rata. Pastikan untuk menggunakan adonan kering tanpa menambah adonan basah agar hasil gorengan tidak terlalu tebal dan tetap renyah.

Goreng Kulit Ayam

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng kulit ayam yang sudah dibaluri adonan hingga berwarna kuning kecoklatan dan renyah. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum mulai menggoreng.

Tiriskan dan Simpan

Setelah kulit ayam goreng siap, angkat dan tiriskan. Simpan dalam toples kedap udara untuk menjaga kerenyahan lebih lama.

"Pastikan minyaknya benar-benar kering sebelum disimpan. Jika perlu, gunakan spinner untuk membantu mengeringkan minyak," ujar @biananamalang.

Dengan mengikuti langkah-langkah dari TikTok @biananamalang, Anda kini dapat membuat kulit ayam goreng yang krispi dan lezat dengan mudah. Teknik marinasi dan penggunaan baking soda dalam adonan tepung memastikan hasil yang renyah dan tahan lama. Selamat mencoba resep ini di dapur Anda, dan nikmati kulit ayam goreng yang menggugah selera sebagai cemilan atau lauk pendamping nasi yang sempurna!

Pertanyaan Netizen Tentang Kulit Ayam

Kulit Ayam Crispy Apakah Sehat?

Bila kulit ayam digoreng, tentunya kandungan lemak dan kolesterol di dalamnya akan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, kulit ayam tidak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin dalam jumlah banyak, karena memiliki kadar lemak yang tinggi sehingga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

Apakah kulit ayam yang renyah menggemukkan?

Saat menyiapkan masakan ayam, Anda sering disarankan untuk membuang kulitnya seluruhnya. Namun menurut banyak penelitian terkini, dipastikan bahwa kulit ayam tidak sepenuhnya merupakan makanan buruk . Faktanya, 30 gram kulit ayam mengandung 8 gram lemak tak jenuh dan 3 gram lemak jenuh.

Ayam Crispy apakah junk food?

Junk food yang mengandung lemak dan garam tinggi contohnya adalah hamburger, pizza, ayam goreng, kentang goreng yang penyajiannya tidak disertai buah dan sayur dan berbagai jenis keripik

Apakah kulit ayam harus dicuci?

Cara membersihkan kulit ayam harus benar. Pasalnya, bagian ini mengandung banyak lemak yang akan memengaruhi aroma makanan. Terkadang, ada bau amis khas ayam jika kulit tidak diolah dengan benar. Membersihkan kulit ayam juga berfungsi untuk memastikan gorengan menjadi renyah dan tidak terlalu berminyak.

Bolehkah makan kulit ayam setiap hari?

Meskipun enak, kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi kulit ayam. Pasalnya, bagian ayam tersebut mengandung kolesterol yang cukup tinggi, yaitu 132 miligram kolesterol per 100 gram. Selain itu, total lemak yang terdapat dalam kulit ayam juga cukup besar, yaitu sebanyak 43,99 gram.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading