Sukses

Food

7 Makanan Bernutrisi Tinggi yang Wajib Dikonsumsi Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Makanan bernutrisi tinggi adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Nutrisi yang cukup dan seimbang membantu meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mendukung fungsi organ tubuh. Ada beberapa makanan yang termasuk sebagai super food karena nutrisinya yang sangat tinggi di dalamnya. Aneka makanan ini memiliki segudang manfaat yang mengesankan buat kesehatan. Ini juga sebagai sumber nutrisi terbaik bagi tubuh. Sebaiknya, makanan ini dikonsumsi sehari-hari. 

Berikut adalah beberapa makanan bernutrisi tinggi yang wajib dikonsumsi sehari-hari.

Sayuran Hijau

Makanan pertama ada sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung nutrisi terbaik yang tak ditemukan di makanan lainnya. Ini sangat rendah kolesterol dan lemak. Ada beragam sayuran hijau yang bisa dikonsumsi, mulai dari bayam, sawi, kale, kangsung, brokoli dan masih banyak lagi. 

Sayuran hijau umumnya mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, magnesium, besi, dan kalsium. Nutrisi ini penting untuk kesehatan tulang, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa juga mengandung antioksidan, serat dan berbagai mineral. Nutrisi ini dikenal bermanfaat untuk anti-inflamasi dan detoksifikasinya.

Buah-buahan

Makanan selanjutnya ada buah-buahan. Berbagai jenis macam buah sangat baik bagi kesehatan. Ini wajib dikonsumsi untuk menu sehari-hari. Buah-buahan seperti blueberry, mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin K, dan serat.

Antioksidan dalam blueberry membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan otak. Sementara itu, buah alpukat mengandung lemak sehat, serat, vitamin K, vitamin E, vitamin C, dan vitamin B6. Lemak sehat dalam alpukat baik untuk jantung dan kulit.

Protein

Ada beragam makanan sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, telur dan ikan ada di daftar sumber protein teratas yang terbaik. Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi serta mengandung vitamin B12, vitamin D, kolin, dan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Sementara itu, ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden kaya akan omega-3, protein, vitamin D, dan selenium. Omega-3 penting untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang almond dan chia seed digadang-gadang sebagai makanan bernutrisi terbaik bagi tubuh. Almond mengandung vitamin E, magnesium, riboflavin, dan serat. Mereka baik untuk kesehatan jantung dan kulit.

Chia seed mengandung serat, protein, omega-3, kalsium, dan antioksidan. Chia seed bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Produk Susu dan Alternatifnya

Buatmu yang tak suka susu dan olahannya, mulailah untuk menyukainya. Pasalnya, makanan ini adalah makanan terbaik yang bernutrisi tinggi bagi tubuh. Ini sangat disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari. Semisal yogurt yunani dan susu nabati. 

Yogurt Yunani kaya akan protein, probiotik, kalsium, dan vitamin B12. Probiotik baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan, susu almond, kedelai, atau oat yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D adalah alternatif baik untuk susu sapi, terutama bagi yang intoleran laktosa atau vegan.

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti uqinoa adalah sumber protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial, serta serat, magnesium, dan antioksidan. Sedangkan oat kaya akan serat, protein, vitamin B1, dan mineral seperti magnesium dan zinc. Serat dalam oat baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Kedua makanan ini disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari karena bernutrisi tinggi.

Bahan Pangan Lokal

Bahan pangan lokal seperti tempe, sebaiknya tak dilewatkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Tempe adalah sumber protein nabati yang sangat baik, serta mengandung probiotik, vitamin B12, dan zat besi. Tempe baik untuk pencernaan dan kesehatan tulang.

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Di atas adalah beberapa makanan bernutrisi tinggi yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading