Sukses

Food

4 Trik agar Siomay Tidak Bertepung dan Mentah Bagian Dalamnya

Fimela.com, Jakarta Siomay, gyoza atau dimsum seringkali menjadi camilan yang disukai banyak orang, namun jika membuat sendiri di rumah bisa saja gagal karena isian yang tidak matang, setengah matang atau justru keras bertepung sehingga tidak bisa dimakan atau tidak nyaman dinikmati. Banyak orang cenderung memilih beli siomay, gyoza atau dimsum siap makan sehingga tidak ribet bikin sendiri. Tapi jika penasaran ingin membuat sendiri siomay enak yang kenyal, tidak bertepung dan tidak mentah bagian dalamnya, gunakan beberapa trik berikut ini.

1. Masak dulu bahan isiannya

Jika menggunakan isian tepung kanji atau tapioka, buat adonan yang sudah matang, misalnya tepung kanji dicampur dengan bumbu dan air panas sehingga teksturnya sudah kenyal dan transparan. Ini pertanda adonan sudah hampir matang. Sebisa mungkin buat adonan isian tapioka sudah tidak putih warnanya sehingga ketika dikukus atau direbus, tinggal mematangkan kulit siomay saja karena bagian isiannya sudah matang.

2. Gunakan isian sayur dan daging

Jika menggunakan bahan isian seperti sayuran, daging ayam, daging sapi, ikan atau udang, sebaiknya masak dahulu isian hingga matang atau setengah matang. Jika tidak ingin isian terlalu lembek, masak setengah matang saja. Misalnya menggunakan isian sayur dan daging, cincang kecil lalu tumis hingga setengah matang, tergantung sayur dan daging yang digunakan. Lanjutkan dengan mengukus agar isian dan kulit siomay matang. Dengan cara ini, tidak akan khawatir isian gyoza atau siomay masih mentah.

3. Gunakan sedikit tepung

Jangan gunakan terlalu banyak tepung jika ingin membuat isian pada siomay, baik tepung terigu, tepung maizena, tepung tapioka maupun tepung beras, karena seringkali susah matang ketika dikukus atau direbus. Jika porsi isiannya terlalu banyak tepung, tekstur siomay juga tidak akan enak, cenderung keras dan padat. Jika ingin membuat isian lebih padat namun tetap gurih dan matang sempurna, boleh tambahkan tahu atau telur paripada terlalu banyak tepung.

4. Rebus dan kukus dengan tepat

Teknik kukus dan rebus seringkali digunakan untuk membuat siomay. Pastikan air benar-benar mendidih ketika memasukkan siomay yang akan direbus. Tambahkan sedikit minyak agar tidak saling menempel sekaligus agar siomay tidak gampang pecah atau terburai. Jika ingin mengukus siomay, alasi dengan alumunium foil, kertas baking atau daun pisang, kemudian olesi dengan minyak agar tidak gampang menempel di kukusan. Waktu pengukusan juga jangan sebentar, lakukan sekitar 10-15 menit.

Itu dia beberapa trik agar siomay, gyoza atau dimsim tidak bertepung dan mentah bagian dalamnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading