Sukses

Food

Trik Menyimpan Bawang Merah Agar Tahan Lama Meski Tanpa Digoreng

Fimela.com, Jakarta Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang esensial dalam berbagai masakan. Akhir-akhir ini harga bawang merah pun sedang cukup murah. Jadi, tak ada salahnya untuk membeli dalam jumlah banyak dan menyimpannya. Namun, seringkali kita menghadapi masalah bawang merah yang cepat busuk atau mengering. Terelbih untuk bawang merah yang disimpan dalam jumlah banyak dan waktu lama. Lantas, bagaimana solusi menyimpan bawang merah agar tahan lebih lama? Bahkan jika kamu tak sempat menggorengnya atau memang kamu tak suka bumbu bawang yang telah digoreng kering. 

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa trik yang bisa diterapkan agar bawang merah tetap segar dan tahan lama meski tanpa digoreng. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba. 

 

 

Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Bawang merah sebaiknya disimpan di tempat yang kering, sejuk, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari menyimpannya di tempat yang lembap atau terkena sinar matahari langsung karena akan mempercepat proses pembusukan.

Gunakan Kantong Kertas atau Jaring

Simpan bawang merah dalam kantong kertas atau jaring yang memungkinkan sirkulasi udara. Kantong plastik tidak disarankan karena ini menahan kelembapan dan menyebabkan bawang cepat busuk. Jadi, usahakan untuk menyimpan bawang merah di wadah yang menyerap air termasuk kertas, jaring dari kain atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu. 

 

Pisahkan dari Bumbu Lain

Bawang merah sebaiknya disimpan terpisah dari bahan bumbu atau makanan lain, terutama kentang. Kentang mengeluarkan gas yang bisa mempercepat pembusukan bawang merah. Tak hanya kentang, bahan makanan sejenis umbi-umbian lain termasuk ubi jalar, singkong dan talas sebaiknya tak disimpan bersama bawang merah. 

Periksa Secara Berkala

Selalu periksa kondisi bawang merah secara berkala. Buang bawang yang sudah mulai busuk agar tidak menyebar ke bawang lainnya. Jika setiap hari Sahabat Fimela memasak, waktu mengambil bawang sebelum memasak ini bisa sekaligus digunakan untuk menyortir bawang yang busuk dan yang masih baik. 

 

Gunakan Tisu atau Kertas Koran Sebagai Alas

Untuk menyerap kelembapan berlebih, kamu bisa membungkus atau memberi alas wadah menyimpan bawang merah dengan kertas tisu atau koran. Ini cukup membantu membuat kualitas bawang tetap baik meski disimpan segar dalam waktu yang cukup lama. 

Jangan Kupas Sebelum Digunakan

Bawang merah sebaiknya disimpan dalam kondisi utuh, dengan kulitnya. Mengupas bawang sebelum disimpan akan mempercepat proses pembusukan.

 

Simpan di Tempat yang Gelap dan Kering

Bawang merah lebih tahan lama jika disimpan di tempat yang gelap. Cahaya bisa memicu pertumbuhan tunas yang membuat bawang merah cepat busuk.

Nah, itulah sekian trik yang bisa dicoba untuk menyimpan bawang merah agar tahan lebih lama bahkan tanpa digoreng sebelumnya. Dengan menerapkan trik-trik di atas, kita bisa memastikan bawang merah tetap segar dan tahan lams. Semoga trik ini bermanfaat dan selamat mencobanya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading