Sukses

Food

Tips Membuat Korean Fried Chicken Gangjong ala Chef Korea Cocok untuk Nonton Drama

Fimela.com, Jakarta Demam Korea atau Korean Wave berhasil membuat budaya Korea semakin berkembang di Indonesia, tak terkecuali makanannya. Salah satu makanan Korea yang paling terkenal di Indonesia adalah Chicken Gangjong atau dikenal juga Korean Fried Chicken.

Menu satu ini terbilang cukup sering hadir di drama atau variety show Korea, sehingga semakin banyak orang penasaran dengan rasanya. Dalam acara Food and Hospitality Indonesia (FHI) 2024, Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation mengajak para pengunjung untuk melihat langsung pembuatan Chicken Gangjong di booth Korea Pavilion oleh Chef asal Korea, Choi Jun Hyuk.

Koki yang memiliki spesialisasi makanan tradisional Korea itu memperlihatkan langkah dan juga tips membuatnya agar semakin crispy dengan cita rasa otentik. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut penjelasan Choi Jun Hyuk.

Bahan

Paha ayam fillet dan Twigim Garu (tepung bumbu premix Korea). Kemudian, untuk sausnya terdiri dari Gochujang (pasta cabai Korea), sirup jagung, bawang putih halus, gula, air, kecap asin dan saus tomat.

“Kalau ingin ditambah saus sambal juga bisa, kata Chef Choi Jun Hyuk, di booth Korea Pavilion, FHI, JIEXPO, Kemayoran, Selasa (23/7/2024).

Ia menjelaskan, bahan saos dapat dibuat terlebih dahulu dibuat kemudian didiamkan sesaat agar lebih mengeluarkan rasa dari pasta cabai Korea.

“Bahan saosnya bisa didiamkan dulu atau disimpan, jadi rasanya semakin enak dan lebih otentik Korea gitu," jelasnya.

 

Pentingnya Proses Menggoreng Ayam

Chef Choi juga menjelaskan, proses menggoreng ayam juga harus diperhatikan agar hasilnya lebih crispy.

"Untuk proses menggoreng itu boleh satu atau dua kali, tergantung selera. Kalau ingin crispy, gorengnya harus dua kali ya," kata dia.

Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation mengambil bagian dalam acara Food & Hospitality Indonesia (FHI) 2024 dengan membuka booth Korea Pavilion.

Sebanyak 12 perusahaan ekspor makanan dan minuman dari Korea dibawa langsung untuk mengenalkan produknya di acara pameran makanan terbesar internasional di Indonesia itu.

"Kami sangat berantusias untuk mengikuti pameran makanan internasional terbesar di Indonesia ini. Melalui pameran ini, kami telah mengukuhkan potensi perluasan ekspor produk K-Food di pasar Indonesia," ujar Lee Seung Hoon, Kepala Perwakilan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation di Indonesia.

Lee Seung Hoon mengatakan pihaknya juga akan mendengarkan ide-ide dan tantangan terkait prosedur sertifikasi halal dari para eksportir dan memberikan mereka dukungan yang ada.

“Kami yakin bahwa kami bisa terus memperluas peta distribusi produk agrikultur Korea melalui business matching atau pameran-pameran dengan para importir lokal dan vendor lokal untuk mencapai kinerja ekspor yang maksimal," jelas Lee Seung Hoon.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading