Sukses

Food

4 Tips Memasak Nasi Merah Biar Pulen dan Nggak Keras, Pemula Wajib Simak

Fimela.com, Jakarta Nasi merah kini menjadi salah satu makanan sehat yang dipilih oleh banyak orang. Selain cocok buat diet, nasi merah juga memiliki berbagai kebaikan yang nggak disangka-sangka. Misalnya saja seperti menjaga gula darah tetap stabil, menjaga kesehatan saluran pencernaan, hingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Meski begitu, memasak nasi merah sendiri nyatanya bisa menjadi tantangan karena teksturnya yang lebih keras dibandingkan nasi putih. Jika nggak dimasak dengan tepat dan penuh perhatian, bisa-bisa nasi merah akan menjadi kurang enak dan pulen. 

Nah, buat yang masih bergelut dengan cara memasak nasi merah yang benar, mungkin beberapa tips dan trik ini akan bisa membantumu. Berikut adalah empat tips untuk memasak nasi merah agar nggak keras dan tetap pulen. Disimak dulu, yuk!

1. Rendam Beras Merah Sebelum Dimasak

Biar rasanya lebih enak dan pulen, cobalah untuk merendam beras merah selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak. Merendam beras merah membantu melunakkan butirannya sehingga lebih mudah dimasak. Selain itu, proses perendaman ini memungkinkan air untuk menembus lapisan luar beras merah yang lebih keras, sehingga membuatnya lebih cepat matang dan lebih pulen.

2. Gunakan Perbandingan Air yang Tepat

Gunakan perbandingan air yang lebih banyak dibandingkan nasi putih. Faktanya, beras merah membutuhkan lebih banyak air untuk menjadi pulen. Perbandingan yang umum adalah 1 bagian beras merah: 2,5 bagian air. Lalu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah air sesuai dengan preferensi kekerasan nasi yang diinginkan.

3. Masak dengan Metode Slow Cooker atau Rice Cooker

Memasak nasi merah dengan slow cooker atau rice cooker dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih pulen. Alat-alat ini memastikan nasi merah dimasak dengan suhu yang stabil dan waktu yang cukup, sehingga butiran nasi bisa matang merata. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan alat yang kamu gunakan.

4. Diamkan Nasi Setelah Matang

Diamkan nasi merah selama 10-15 menit setelah matang sebelum disajikan. Setelah alat memasak berhenti, biarkan nasi dalam kondisi tertutup selama beberapa menit. Proses ini membantu uap air menyebar merata ke seluruh butiran nasi, membuatnya lebih lembut dan pulen.

Itu dia sejumlah tips untuk bikin nasi merah yang lebih pulen dan sedap dimakan. Selain sejumlah tips di atas, kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak atau mentega saat proses memasak nasi merah. Hal ini bertujuan agar nasi merah yang dimasak bisa lebih lembut dan beraroma. 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kaldu ayam atau sayuran untuk menggantikan air biasa saat memasak nasi merah. Melakukan hal ini dipercaya dapat menambah rasa dan membuat nasi lebih lezat. Yuk, cobain berbagai langkah tersebut!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading